Sosial Media
Dunia Internet

10 Sosial Media dan Aplikasi paling populer di Tiongkok

Perlu diketahui bahwasanya di China sana penggunaan Google, Facebook, Youtube, Twitter itu dilarang. Cukup unik mengingat China sendiri benar-benar menggunakan Android tetapi melarang penggunaan Google. Akan tetapi bukan berarti China tidak bisa menikmati layanan internet seperti kita yang ada di Indonesia.

Di China mereka membuat segala sesuatunya sendiri. Saat penggunaan Google disana dilarang, China membuat Google versi China. Google versi China itu disebut dengan Baidu. Ada banyak sosial media dan aplikasi yang China buat versi mereka sendiri.

Ini dia 10 Sosial Media dan Aplikasi paling populer di China :

1. WeChat : Facebook versi China

  • Jumlah Pengguna : 1,132 Miliar
  • Rata-Rata Pengguna : 619,6 Juta per hari

WeChat merupakan aplikasi All in One yang dibuat oleh Tencent. Tencent sendiri merupakan salah satu pencipta game, online shop, dan layanan financial. Di Indonesia sendiri kita mengetahui bahwa WeChat merupakan aplikasi chat saja. Namun di China sana WeChat bisa dilakukan untuk membayar belanja online, pembayaran sewa, pajak, berita, dan banyak lagi. Pembayaran tersebut bisa dilakukan melalui QR Code

WeChat juga memiliki layanan WeChat for Business. Konsepnya hampir sama seperti WhatsApp digabung dengan Facebook. Hal ini mengingat jumlah pengguna WeChat di China sana mencapai 1 Miliar pengguna. Para selebriti, artis, dan penyanyi di China diperbolehkan membuat akun untuk bisnis disana.

Pada saat WeChat dirilis untuk pertama kalinya tahun 2011, WeChat tidak memiliki fitur adsense (pengiklanan). Namun untuk saat ini Tencent selaku pengembang WeChat menambahkan banner ads, KOL Advertisements, dan Moment Ads

2. Sina Weibo : Twitter ala China

  • Jumlah pengguna : 500 Juta
  • Rata-rata pengguna : 117 juta pengguna per hari

Sina Weibo atau lebih dikenal dengan Weibo merupakan platfrom micro-blog yang dirilis tahun 2009. Weibo merupakan salah satu situs yang cukup terkenal di China. Yang mana Weibo merupakan sosial media nomor 2 di China berdasarkan kepopulerannya.

Dengan Weibo pengguna bisa mengupload video, foto dan gifts. Tentu saja pengguna bisa mengikuti banyak sekali pengguna dari berbagai kalangan. Misalkan artis, teman, atau bahkan tokoh politik. Penyanyi Amerika seperti Taylor Swift juga membuat akun Weibo. Ada dua versi bahasa yaitu versi Mandarin dan versi Inggris

3. Tencent QQ : Sosial Media pertama buatan China

  • Jumlah Pengguna : 804 Juta
  • Pengguna aktif: 267.7 juta per hari

QQ merupakan aplikasi pesan instan yang dikembangkan oleh Tencen. Sama seperti WeChat, QQ digunakan untuk banyak layanan seperti games, music, belanja, micro-blog, film, grup chat, voice chat. Namun QQ tidak bisa digunakan untuk membayar.

QQ memiliki aplikasi versi desktop atau komputer yang cukup terkenal bagi kalangan pekerja kerah putih (petinggi). Kelebihan dari QQ ini tidak memerlukan nomor telephone untuk mendaftar seperti WeChat. Pengguna bisa menggunakan ID unik untuk akunnya.

4. Tencent Video : Youtube versi buatan China

Di Indonesia mungkin mengenal layanan streaming video seperti Youtube, MeTube, dan lain-lain. Di China juga ada platform-platfom streaming video online yang beragam. Ada Tencent Video, IQiYi, dan Youku Toudou yang mendominasi pasar streaming video online China. Namun yang berada di urutan pertama adalah Tencent Video.

5. Baidu Tieba : Mesin pencari + Forum buatan China

  • Jumlah pengguna : 400 Juta
  • Pengguna Aktif : 148 juta per hari

Baidu Tieba merupakan layanan pengganti mesin pencari google. Baidu juga merupakan grup diskusi yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mencari inormasi tertentu. Sebenarnya Baidu tidak mirip 100% seperti Google, justru hampir mirip dengan situs Reddit.

6. Douban : Platfrom diskusi (KasKus ala China)

  • Jumlah pengguna : 400 Juta
  • Waktu pengguna : Rata-rata 4 menit

Douban merupakan platform jaringan sosial yang fokus pada gaya hidup. Douban juga berisikan pembahasan mengenai buku, film, musik, dan event. Fitunya hampir mirip-mirip dengan Reddit. Douban mempermudah pengguna yang ingin memesan tiket bioskop, unduh e-book, dan mendengarkan radio.

7. Zhihu: Quora buatan China

  • Jumlah pengguna : 160 Juta
  • Pengguna Aktif : 7,5 Juta per hari

Zhihu merupakan situs yang digunakan untuk tanya jawab, hampir sama dengan situs Quora. Di China sendiri Zhihu menjadi salah satu Startup Unicorn yang memiliki nilai lebih dari 100 Juta USD. Dalam perkembangannya Zhihu lebih cepat ketimbang pertumbuhan Quora.

8. Meituan-Dianping : Aplikasi pesan makanan ala China

  • Jumlah pengguna : 382 Juta
  • Jumlah restoran terdaftar : 5,5 juta

Dianping bisa diartikan dalam bahasa Indonesia yang bermakna “milik semua”. Meituan-Dianping merupakan aplikasi pesan makanan pertama di China. Saat ini Meituan sudah beroperasi di beberapa negara.

Meituan sendiri terbagi menjadi empat layanan yaitu Meituan, Dianping, Maoyan, dan Meituan Waimai. Pengguna bisa menggunakan aplikasi dan membayar makanan, tiket nonton flm, dan setiap harinya mencapai 20 juta pesanan.

9. Jinri Toutiao : Aplikasi berita dan hiburan

  • Jumlah pengguna : 240 Juta
  • Pengguna aktif : 120 juta pengguna per hari

Toutiau merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari berbagai informasi, berita, dan juga hiburan. Ada 4000 perusahan yang bergabung dengan Jinri Toutiou dalam membuat konten yang akan digunakan oleh pengguna. Toutiou menggunakan AI (Artificial Intelegent) untuk mengetahui informasi yang akan dipakai atau dicari pengguna

Toutiou menggunakan metode yang berbeda dalam menyampaikan berita. Mereka menambahkan video pendek, lelucon lucu, dan juga gabungan artikel yang menghibru pengguna. Psda tahun 2018, jumlah pengguna aktif toutiau menyentuh 120 juta orang per harinya.

10. Douyin : TikTok

  • Jumlah pengguna Internasional : 1 Miliar lebih
  • Jumlah pengguna China : 750 Juta
  • Pengguna aktif : 300 Juta orang perhari

TikTok memiliki banyak pengguna saat ini. Saya pikir TikTok berasal dari Jepang ternyata dibuat dari China. Pada tahun 2018 TikTok memiliki 400 juta pengguna aktif per bulan dan 200 juta pengguna aktif perhari.

Douyin atau TikTok mengizinkan penggunanya untuk membuat video unik dan kreatif. Banyak sekali video challenge yang bisa diikuti, meskipun haris take ini video berkali-kali. Di Playstore sendiri unduhan TikTok lebih tinggi dari jumlah unduhan Facebook.

Artikel ini disadur dari : Top 10 Most Popular in China

One Reply to 10 Sosial Media dan Aplikasi paling populer di Tiongkok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *