Blogger
Blogger

Sejarah Blogger sebagai Platfrom Ngeblog

Sebagai Bloger sudah tahukah sejarah layanan ngeblog dari Blogger ?

Perbedaan Bloger dan Blogger !

Sebagai seorang yang biasa ngeblog tentu saja harus atau wajib hukumnya mengetahui sejarah platfrom Blogger. Perlu diketahui pengertian dari Bloger adalah orang yang melakukan kegiatan ngeblog. Sementara Blogger merupakan sebuah platfrom ngeblog yang saat ini menjadi miliki dari Google. Jadi meskipun beda satu huruf “g” saja artinya sudah berbeda. Bloger adalah orang yang ngeblog, sementara Blogger merupakan sebuah platfrom.

Awal mula Blogger – 1997

Platfrom Blogger bermula sejak tahun 1997. Artinya Blogger merupakan platfrom tertua sebagai platfrom yang digunakan untuk ngeblog. Sementara platfrom lain yang lebih muda dari Blogger adalah WordPress yang ditemukan tahun 2003.

Namun sebelum Blogger ditemukan pada tahun 1994 sebenarnya sudah ada sebuah blog yang dibangun tanpa sebuah platfrom. Nama blog tersebut adalah Links.net, yang dibuat tahun 1994 oleh seorang pelajar bernama Justin Hall. Justin sengaja membuat Links.net untuk publikasi tugasnya.

Gambar : Links.Net

Lalu langkah Justin Hall tersebut diikuti oleh seorang bernama Jorn Barger yang menggunakan nama kegiatan menulis online dengan nama “Weblog”. Blog-Blog seperti Links.net dibuat oleh programmer professional yang memerlukan keahlian tinggi.

Tetapi tahun 1998 Jonathan Dube menjadi jurnalis Amerika yang membuat blog .berita pertama di dunia. Dalam blog yang ia buat, Dube menceritakan tentang Badai Bonnie. Berikut blog yang dibuat oleh Jonathan Dube :

Gambar : Blog milik Jonathan Dube

Blog Berita

Peluncuran Platfrom Blogger – 1999

Format blog yang memiliki nama Blogger merupakan usulan dari Paul Bausch dan Matthew Haughey, pada 23 Agustus 1999 mulai beredar di internet dengan pembayaran lisensi. Pyra Labs mengembangkan Blogger menjadi lebih baik lagi. Pyra Labs sendiri dipimpin oleh Evan Williams.

Blogger dianggap lebih nyaman dibanding “weblog” yang diciptakan sebelumnya. Pada tahun 1999 muncul banyak platform blog. Misalnya seperti Live Journal, Blogger, dan Xanga. Pada akhirnya Bloggerlah yang bertahan lama.

Platfrom Blogger diakusisi Google – 2003

Pada tahun 2003 jumlah pengguna Blogger sudah lebih dari 1 juta. Sepertinya perusahaan sebesar Google tahu persis potensi besar Blogger kedepannya. Dilansir dari The Guardian,  postingan tahun 2003, Google resmi membeli Blogger. Namun tidak ada jumlah nominal yang dibayarkan kepada pemilik yaitu Evans William selaku pemimpin Pyra Labs.

Evans William mengaku senang bahwa Blogger berhasil terjual kepada Google. Dan William memberikan semua staf dan segalanya yang berkaitan dengan Blogger kepada Google tepat tahun 2000. Evans William melanjutkan sesuatu yang baru di rumahnya. Apakah William menyesal ya? Mengingat blogger saat ini memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak. Pada tahun 2003 WordPress terlahir dan siap menyaingi Blogger yang dimiliki Google.

Blogger melakukan Redesign besar-besaran – 2006

Semakin hari dan semakin lama pengguna Google semakin meningkat. Jumlah orang yang melakukan bloging juga semakin banyak. Baik pengguna Blogger maupun pengguna WordPress keduanya semakin meningkat.
Dengan peningkatan pengguna Blogger, maka server Blogger dilebur bersama dengan server Google. Blogger mengklaim dengan pemindahan server tersebut dapat memuaskan pengguna Blogger kala itu.

Fitur-fitur Blogger yang ditambahkan adalah cara menggeser baik vertical maupun horizontal, penataan template, izin pembacaan blog, dan opsi web feed yang terbaru. Semenjak tahun 2006 Blogger mulai rajin melakukan desain yang lebih mempermudah penggunanya.

Blogger mengenalkan banyak fitur baru – 2009

Dalam rangka ulang tahunnya yang ke-10. Bloger rilis fitur baru dalam skala jumlah yang cukup besar Fitur-fitur baru tersebut meliputi tampilan baru meulis post, penyempurnaan penyisipan gambar, dan implementasi Google Docs.

Fitur-fitur lain yang ditambahkan, antara lain :

  • Menambahkan lokasi ke pos melalui penandaan geografis
  • Memberi cap waktu pada publikasi, bukan pada kreasi asli
  • Mengubah ukuran vertical dari editor posting
  • Tautan pengeditan dalam mode penulisan
  • Dukungan penuh pada Safari milik MacOS
  • Toolbar baru yang berisikan undo dan redo

Pengintegrasian URL khusus beberapa negara – 2013

Bulan Februari 2013, Bloger melakukan integrase URL khusus di beberapa negara. Di Kanada URL berakhiran “blogspot.com” langsung dialihkan ke “blogspot.ca”. Di Inggris “blogspot.com” dilakuhkan ke “blogspot.co.uk”.
Integrasi ini dilakukan untuk menghapus konten-konten yang tidak pantas.

Dengan lingkup yang sempit di sebuah negara, pemerintah bisa mengetahui konten mana yang akan dihapus. Namun pada tahun 2018 Blogger menghapus integrase URL, dan memukul rata menjadi “blogspot.com”.

Blogger membatasi konten sensual – 2015

Tahun 2015 Blogger mulai mempertegas keamanan bagi penggunanya. Blogger pada bulan Maret 2015 mengumumkan tidak akan memperbolehkan penggunanya untuk mengunggah konten berbau sensual. Sejak tahun 2015 Blogger mulai aktif menghapus blog-blog yang berisi konten sensual.

Tersedia ke lebih dari 50 bahasa – 2016

Bulan Desember tahun 2016, Blogger sudah tersedia ke 60 bahasa. Bahasa-bahasa tersebut adalah : Afrika, Amharik, Arab, Basque, Bengali, Bulgaria, Catalan, Cina (Hong Kong), Cina (Sederhana), Cina (Tradisional), Kroasia, Ceko , Denmark, Belanda, Inggris (Inggris), Inggris (Amerika Serikat), Estonia, Filipina, Finlandia, Prancis, Galicia, Jerman, Yunani, Gujarati, Ibrani, Hindi, Hongaria, Islandia, Indonesia, Italia, Jepang, Kannada, Korea , Latvia, Lituania, Melayu, Malayalam, Marathi, Norwegia, Persia, Polandia, Portugis (Brasil), Portugis (Portugal), Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol (Amerika Latin), Spanyol (Spanyol), Swahili, Swedia, Tamil, Telugu, Thailand, Turki, Ukraina, Urdu, Vietnam, dan Zulu.

Blogger kalah dari WordPress – 2018

Bloger Platform

Pengembangan Blogger mungkin kalah pesat dibandingkan dengan WordPress. Hal ini menyebabkan banyak bloger yang akhirnya menggunakan platfrom WordPress sebagai tempat untuk ngeblog. Bayangkan WordPress menguasai pasar sebanyak 52% sementara Blogger hanya 3% saja.

Yap itulah sobat Hartonoinfo. Sejarah Blogger begitu panjang, admin juga aktif menggunakan platfrom ngeblog kok. Nama blog admin sendiri penamorf.xyz , belum lama dan masih perlu banyak perbaikan. Mungkin kalian mau membaca : 10 Media Sosial terpopuler di Tiongkok

Tags

One Reply to Sejarah Blogger sebagai Platfrom Ngeblog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *