Aplikasi Riliv
Dunia Internet

Pengalaman menggunakan Aplikasi Riliv

Pengalaman menggunakan aplikasi Riliv sekitar 3 bulan yang lalu. Just want to say Thanks to Riliv ūüôā

Ditengah kesibukan  rutin sehari-hari entah berkuliah, bekerja, hingga menjadi konten creator pasti pernah yang namanya stress. Bukan hanya kehidupan individu saja, kehidupan berkeluarga dan berteman juga bisa menyebabkan kita stress ketika ada masalah.

Masalah kesehatan mental itu cukup kompleks.  Ada kesedihan, kecemasan, kesepian, dan lain-lain. Ditengah pandemic seperti ini banyak sekali orang yang mengalami stress. Apalagi banyak yang mengalami PHK. Ada juga yang kerja dirumah tetapi beban kerja malah bertambah. Para pelajar dan juga mahasiswa juga mengalami kesulitan untuk belajar, karena merasa belajar online lebih susah.

Semakin tinggi tekanan hidup apabila orang tidak bisa menangani masalah tersebut maka dampaknya bisa menjadi lebih parah. Mulai dari kurang produktif, tidak bisa berfikir positif, hingga tidak bisa tidur. Beberapa kasus bahkan bisa berakhir fatal karena bunuh diri.

Untuk menghindari hal tersebut lebih baik konsultasi dengan Psikolog. Menggunakan aplikasi Riliv menjadi lebih mudah terhubung dengan psikolog.

Konseling Psikolog menggunakan Aplikasi Riliv

Aplikasi Kesehatan mental

Di Indonesia sendiri kesehatan mental sangat mahal. Jumlah pasien ‚Äúkesehatan jiwa‚ÄĚ dengan jumlah tenaga professional (psikolog / ¬†psikiater) sangatlah jomplang. ¬†sekarang sudah ada aplikasi Riliv yang menjembatani antara pasien dengan psikolog melalui smartphone. Saat ini sudah tersedia di OS Android (Playstore) dan juga iOS (App Strore)

Manfaat konsultasi dengan psikolog

Konsultasi

Konsultasi dengan psikolog menjadi hal yang jarang di Indonesia. Sepertinya orang-orang yang memiliki akses dengan psikolog  hanya orang dari kalangan menengah ke atas. Tetapi ada banyak manfaat konsultasi dengan psikolog :

Lega

Punya masalah itu jangan dipendam, alangkah baiknya harus diceritakan. Kalau tidak diceritakan hasilnya bisa membebani pikiran sampai tidak bisa tidur. Dengan bercerita dengan psikolog, masalah kita bisa lebih ringan. Ada rasa lega dan plong dihati saat berhasil menceritakan beban pikiran.

Terjaga

Yap ini adalah hal yang paling penting. Saat menceritakan masalah atau aib ke seorang psikolog. Sudah pasti mereka tidak akan menceritakan masalahmu ke orang lain.  Memiliki tempat yang bisa dipercaya untuk meluapkan emosi, beban, atau aib bisa membuat perasaan lebih baik.

Dimengerti

Pernah curhat dengan kawan, tapi malah diabaikan? ¬†Atau malah dibilang ‚ÄúHalah gitu doang, aku lebih parah‚ÄĚ. Atau bisa juga¬† curhat dengan oeang tua, malah dibilang gini ‚ÄúKamu kurang solat, kurang ibadah‚ÄĚ

Kadang judge seperti itu membuat  diri sendiri semakin terpuruk. Karena merasa tidak dimengerti dan merasa begitu lemah, akhirnya yang terjadi adalah kekecewaan.  Bukannya lega malah kecewa. Dengan curhat Bersama psikolog, maka kita sebagai orang yang curhat akan dihargai.

Psikolog yang menangani akan berusaha mengerti apa masalah yang sedang dialami. Tanpa meminta untuk beribadah atau menceritakan ada orang lain yang lebih menderita. Psikolog merupakan pendengar yang baik.  Psikolog akan berusaha mengerti seberat masalah apapun itu.

Pengalaman menggunakan Aplikasi Riliv

Sekarang semua orang bisa berkonsultasi dengan psikolog. Saya sendiri sebagai penulis pernah menggunakan Riliv. Karena tidak bisa mengakses Psikolog secara offline. Ya mengakses psikolog offline saat pandemic seperti ini menjadi sangat susah. Apalagi harga konsultasi psikolog secara ofline itu mahal. Sekitar 250.000, tetapi menurut beberapa sumber bisa menggunakan BPJS.

Saya sendiri tipikal orang yang menghindari menggunakan BPJS. Takut saja ada deskriminasi pelayanan.  Menggunakan aplikasi riliv enak kok. Tinggal pesan lalu bayar. Dan tunggu jadwal untuk konsultasi.

Pelayanannya sendiri enak, alhamdulilah ketekmu dengan psikolog yang bener-bener netral. Berusaha memberi masukan saat diminta dan mendengarkan banyak keluhan.

Latar belakang aplikasi Riliv

Aplikasi Riliv didirikan oleh Audrey Maximilian Henry beserta kedua temannya. Menurut beberapa sumber, awal mula diciptakan riliv karena banyak sekali orang tweet tentang kegalauan. Maximilian melihat banyak orang yang curhat melalui sosial media Twitter.

Curhat tentang kegalauan, kesedihan, hingga keinginan bunuh diri. Karena merasa kasihan, dimana respon dari curhatan tersebut adalah  ejekan dan tertawaan.  Dari respon yang salah tersebut pada akhirnya membuat Maximilian merasa iba.  Dan tercetuslah membuat Riliv pada tahun 2015.

Fitur-Fitur aplikasi Riliv

Sekilas tentang aplikasi riliv, Aplikasi Riliv merupakan aplikasi kesehatan mental yang menghubungkan psikolog dengan pengguna jasa psikolog. Ada banyak fitur yang bisa digunakan disini :

Mood Tracker

Mood tracker

Apa itu Mood Tracker? Sebagai manusia kita memiliki perasaan yang berubah-ubah setiap harinya. Dengan aplikasi Riliv kita bisa memantau kondisi perasaan kita setiap harinya. Misal hari ini sedang  Bahagia, kita masukan perasaan Bahagia pada hari ini. Terus besok kita sedang sedih karena putus, ya masukan  perasaan sedih juga.

Apa gunanya mood traker?  Mood tracker berguna untuk memantau perasaan dalam jangka waktu yang ditentukan. Data-data dari mood tracker bisa berguna bagi psikolog untuk memantau bagaimana perasaan pasien sebelum menggunakan jasa.

Buble Breath

Buble breath merupakan fitur kedua yang menjadi bagian dari fitur meditasi. Fungsinya adalah memberi waktu untuk pengambilan nafas. Saat proses inhale, jeda, dan nafas dikeluarkan ada waktunya sendiri. Dan proses pengambilan nafas tersebut memiliki panjang durasi yang bisa diatur. Fitur ini bisa membuat pengguna lebih tenang dan relax.

Fitur Meditasi

Yap fitur meditasi menjadi bagian yang saya sukai. Ada banyak sekali sesi meditasi yang bisa digunakan untuk membuat kita lebih tenang.  Sesi meditasi terbagi menjadi macam-macam ada yang digunakan untuk tidur, untuk focus belajar, bahkan hingga meditasi khusus kerja juga ada.

Akan tetapi setiap  topik meditasi tidak bisa diakses gratis keseluruhan. Ada biaya langganan yaitu 250.000 per tahun atau 60.000 perbulan

Fitur Konseling

Fitur konseling adalah fitur utama dari aplikasi Riliv. Seperti yang kita tahu Riliv merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan psikolog dengan penggunanya. Fitur konseling ini bisa gratis kalau kita punya kode voucher.

Untuk konseling gratis sepertinya jarang sekali ditemukan. Ada banyak paket konseling berbayar di Riliv.  Paket paling murah adalah seharga 100 ribu yang berisi 1 kali konseling dengan durasi 60 menit.  Dan yang paling mahal adalah seharga 924 ribu yang berisi 12 paket konseling dan bisa digunakan selama 4 bulan.

Nanti setelah membayar paket, pihak psikolog dari Riliv akan langsung menghubungi pembayar. Dan akan mengatur jadwal konseling yang akan ditentukan.

Fitur Jurnal

Aplikasi Riliv

Setelah saya update aplikasi riliv saya merasa ada yang berbeda dari biasanya.  Yaa da fitur baru yang bernama Riliv Jurnal. Jadi ada beberapa jurnal yang diperkenalkan oleh riliv  seprti Jurnal mengenal diri sendiri, jurnal sebelum tidur, jurnal harian, dan lainnya.

Fitur Reward

Fitur Reward hanya  berisikan kode referral.  Kode referral bisa dibagikan keorang lain dan keuntungannya bisa mengakses fitur meditasi secara gratis dalam waktu beberapa hari. Kita juga bisa menggunakan kode referral orang lain untuk mengakses fitur meditasi gratis.

Yap itulah  review tentang aplikasi Riliv. Aplikasi kesehatan mental yang sudah membantu banyak orang. Kedepannya semoga banyak orang yang lebih terbantu lagi dengan adanya aplikasi ini. Ciao Bella!

Sebagai informasi tambahan, kode referal saya adalah : GDnSgG

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *