Bibit
Dunia Internet

Review Aplikasi Reksadana Bibit, marketplace reksadana milenial terpopuler

Aplikasi reksadana Bibit memang menjadi primadona saat ini. Berikut adalah penjelasannya.

Sebagai seorang generasi milenial, melek dunia finansial itu penting sekali loh. Terlebih dari waktu ke waktu sudah banyak sekali yang namanya jenis investasi. Investasi  bukan hanya membeli emas, tanah, atau property. Sekarang investasi modern lebih condong ke saham, reksadana, P3P Lending. Yang mana prosesnya lebih mudah ketimbang membeli tanah atau properti.

Investasi modern hanya perlu menggunakan smartphone saja. Tidak perlu repot ke bank atau perusahaan sekuritas. Tidak perlu namanya perantara untuk mengurus investasi. Sekarang sudah bisa melalui genggaman.

Salah satu jenis investasi yang paling digandrungi para milenial adalah Reksadana. Yap Reksadana adalah pilihan yang tepat dan sangat dipercaya. Apalagi sekarang untuk membeli reksadana sudah bisa dimana saja.  Kelebihan reksadana adalah tidak terlalu fluktuatif seperti Saham. Tetapi tergantung jenis reksadana apa ya! Sebelum mebahas Aplikasi reksadana bibit. Kita kenalan dulu apa itu Reksadana.

Mengenal apa itu Reksadana

Reksadana

Menurut Wikipedia Indonesia, pengertian Reksadana adalah suatu wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi untuk diinvestasikan ke dalam portfolio investasi, seperti saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

Menurut UU Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27) : “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh Manajer Investasi”

Jenis-jenis Reksadana

  • Reksadana Saham

Yaitu reksadana yang menunjukan keuntungan besar akan tetapi resiko yang ditanggung begitu besar. Hal ini dikarenakan reksadana saham tidak cocok digunakan untuk investasi jangka pendek. Menurut beberapa pakar investasi, reksadana saham cocok untuk mereka yang memiliki dana besar dan mau menahan investasinya sampai lebih dari 5 tahun.  Buat investor receh, reksadana saham tidak direkomendasikan.

  • Reksadana Campuran

Reksadana campuran merupakan reksadana yang memiliki resiko menengah. Artinya reksadana tidak memiliki resiko sebesar reksadana saham, namun keuntungannya lebih sedikit dari reksadana saham.

Kenapa dinamakan reksadana campuran? Hal ini dikarenakan ada banyak kombinasi jenis investasi seperti obligasi, saham, dan pasar uang.  Keunggulan dari reksadana ini adalah komposisi portfolio yang lebih fleksibel dimana manajemen investasi bisa mengatur jenis instrument investasi.

  • Reksadana Pasar Uang

Reksadana Pasar Uang merupakan reksadana yang paling aman dibandingkan dengan reksadana saham. Namun jangan mengharapkan keuntungan besar. Reksadana pasar uang memiliki resiko yang sangat kecil.  Cocok untuk investasi jangka pendek. Keuntungannya adalah memiliki keuntungan yang tidak terlalu fluktuatif.

Cara membeli Reksadana

Setelah mengetahui apa itu reksadana dan apa saja jenisnya. Saya rasa sudah waktunya untuk memberitahu bagaimana cara membeli reksadana. Cara membeli reksadana sendiri ada beberapa cara yaitu bisa melalu bank langsung, melalui aplikasi khusus reksadana, dan membeli melalui toko online populer.

Membeli reksadana dengan langsung ke bank cukup ribet. Selain harus keluar rumah juga biasanya ada nominal tertentu. Jarang sekali bisa membeli reksadana dengan harga 100 ribu di bank yang dituju. Kelebihannya mungkin bisa menikmati layanan secara offline di bank.

Membeli reksadana melalui aplikasi khusus reksadana merupakan cara yang sangat populer saat ini. Ada beberapa aplikasi jual-beli reksadana seperti Ajaib, Bibit, Tanamduit, dan yang lain. Semuanya bisa dilakukan dirumah.

Membeli reksadana dengan toko online populer seperti Tokopedia dan Bukalapak bukanlah hal baru. Namun cara ini kurang populer untuk membeli reksadana. ALasanya fitur pembayaran yang terbatas. Misalkan untuk membeli reksadana di Tokopedia hanya bank tertentu saja.

Aplikasi Reksadana Bibit

Aplikasi reksadana bibit

Bibit merupakan aplikasi yang terdaftar di OJK dengan nama PT. Bibit Tumbuh Bersama yang berlaku sebagai APERD. Apa itu APERD, Aperd merupakan singkatan dari Agen Penjual Efek Reksa Dana. Jadi statusnya bukan bank sekuritas ya, hehehe.

Menurut saya aplikasi reksadana bibit merupakan aplikasi paling populer. Ada banyak keunggulan didalamnya yang patut dicoba.

Kelebihan aplikasi  Bibit sebagai platfrom reksadana

Bibit Feature

Karena dari tadi saya koar-koar soal aplikasi bibit itu aplikasi reksadana paling populer. Dibawah ini merupakan kelebihan aplikasi reksadana bibit yang membuatnya begitu populer :

  • Aplikasi dengan unduhan terbanyak dengan rating terbaik

Saat ini unduhan aplikasi bibit mencapai lebih dari satu juta. Ratingnya sendiri memiliki nilai 4.8 dengan total review positif lebih dari 20 ribu orang. Ukuran dari aplikasi Bibit sendiri hanya 5MB, sangat keci dan tidak memakan memory  smartphone dalam jumlah yang besar.

  • Keamanan yang lengkap

Saat pertama kali mendaftar jangan lupa untuk mengisi data sesuai KTP.  Biasanya diminta foto selfie dengan memegang ktp yang digunakan untuk mengisi data.  Untuk setiap login juga dimintai nomor handphone terlebih dahulu. Lalu ada kode verifikasi untuk masuk. Tidak berhenti disitu, setelah kode verifikasi lalu dimintai PIN yang sudah dibuat.

  • Desain UI yang interaktif

Selain aman dan aplikasinya ringan. Aplikasi reksadana Bibit memiliki desain yang interaktif. Dengan warna hijau dipadukan warna putih sebagai background. Ada banyak menu mulai dari portfolio, support CS, hingga profil. Di beranda sendiri menampilkan jumlah investasi dan beberapa informasi berkaitan dengan investasi.

  • Menyediakan berbagai reksadana

Semua jenis reksadana di Bibit itu ada. Baik reksadana pasar uang, reksadana campura, hingga reksadana saham. Hebatnya lagi juga sudah ada reksadana Syariah. Setiap membeli reksadana sudah disesuaikan dengan profil resiko investor.

  • Adanya Program Referal

Keunggulan Bibit adalah adanya program Referal yang menguntungkan. Semakin banyak pengguna yang menggunakan kode referral maka semakin diuntungkan pula. Misalkan kode referral punya saya dipakai oleh orang lain. Saya akan diuntungkan dengan cashback 25.000 dan orang lain yang menggunakan kode referral saya juga diuntungkan dengan cashback 25.000 juga.

  • Dibantu dengan AI si Robo

Jadi si Robo ini aka nada setelah pendafatara bibit selesai. Peran si Robo ini adalah menentukan profil resiko pemodal dengan cara membuat kuisioner. Jawaban akan menentukan hasil profil resiko investor.

  • Memiliki Customer Service

Customer Service bisa dilakukan di aplikasi langsung loh. Jadi bila ada keluhan bisa langsung di aplikasinya tanpa harus membuat email ataupun kontak melalui Whatsapp. Mudah bukan?

Yap itu dia kelebihan aplikasi reksadana Bibit. Aplikasi reksadana populer yang wajib banget dicoba. Sudah terdaftar di OJK loh, jadi sudah pasti aman dan tidak akan terjadi penipuan. Sekian dan Terimakasih, jangan lupa melek investasi.

Oh ya kode referal aplikasi reksadana punya saya adalah : hartonoinfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *