Review Koinworks
Dunia Internet

Review aplikasi Koinworks, platfrom investasi P2P Lending terbaik saat ini.

Funfact : Koinworks merupakan aplikasi P2P Lending terkenal di Indonesia saat ini. Jangan lupa Kode Referral saya adalah 73168.

Investasi merupakan hal penting  bagi semua kalangan. Investasi dilakukan agar asset yang dimiliki bisa berkembang tanpa tergerus inflasi. Ada banyak sekali jenis investasi saat ini. Mulai dari investasi offline seperti property, tanah, hingga pendidikan. Dan juga investasi online, seperti reksadana, saham, P2P Lending, hingga cryptocurrency.

Pengertian P2P Lending

P2P Lending  merupakan salah satu metode memberikan pinjaman kepada perorangan atau perusahaan dan meminta pinjaman  untuk berbagai keperluan. Sebenarnya prinsip dari P2P Lending hampir mirip dengan bank yang menyediakan kredit. P2P Lending hanya sebatas sebagai sistem menyediakan pinjaman dan memberikan pinjaman. Tidak lebih dari itu.

Sejarah P2P Lending

Berjalannya waktu membuat banyak hal mengalami revolusi. Salah satunya industry keuangan yang semakin hari semakin bertumbuh tiada henti. P2P Lending sebenarnya sudah ada sejak beberapa abad yang lalu di Tiongkok.

Namun P2P Lending versi modern yang menggunakan teknologi sudah dimulai sejak tahun 2005. Tepatnya di negara Inggris, P2P Lending dengan platfrom internet baru lahir.  Nama perusahaan P2P Lending pertama di Inggris bernama Zopa. Zopa sudah memberikan pinjaman sebesar 3,2 Miliar Pundsterling.

Sejak lahirnya Zopa, muncullah perusahaan P2P Lending lainnya. Di Eropa setelah Zopa, perusahaan bernama Funding Circle muncul sebagai saingan Zopa. Funding Circle lebih focus pada pengembangan UMKM yang belum begitu pesat.

Kemunculan Zopa dan Funding Circle di benua Eropa menjadi pelopor di seluruh dunia. Satu tahun berikutnya tahun 2006, P2P Lending hador di Amerika. Perusahaan bernama Prosper Marketplace menjadi perusahaan P2P Lending pertama di Amerika.

Latar Belakang hadirnya P2P Lending

Sebelum P2P Lending marak seperti saat ini. Sebelumnya untuk meminjam dana sebagai modal perlu pergi ke bank. Seperti yang kita ketahui untuk meminjam dana di bank tidak boleh sembarangan.

Pengajuan dana pada bank harus memiliki agunan. Sementara untuk P2P Lending sendiri tidak memerlukan agunan.  Proses pengajuan pinjaman juga lebih cepat P2P Lending. P2P Lending sendiri memiliki bunga yang disesuaikan dengan profil resiko peminjam.

Platfrom P2P Lending di Indonesia

Menurut OJK, saat ini sudah ada 127 perusahaan P2P Lending yang terdaftar. Data itu dihitung pada tahun 2019. Pada tahun itu pula OJK berhasil menutup ratusan platfrom P2P Lending abal-abal.

Menurut  Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia.  Kebutuhan dana kredit UMKM mencapau 1600 Triliun rupiah. Namun bank tidak bisa memenuhi semuanya. Dan hal tersebut bisa menjadi peluang bagi P2P Lending resmi di Indonesia.

Lembaga P2P Lending di Indonesia yang populer adalah  Investree,  Amartha, KoinWorks, Uang Teman, Asetku, Modalku, Dnaamas, Akseleran.   Sejauh ini saya baru mencoba menggunakan Koinworks.  Yuk kenal lebih jauh tentang Koinworks.

Mengenal Koinworks

Koinworks Fintech

KoinWorks memiliki induk perusahaan bernama PT Lunaria Annua Teknologi yang berdiri sejak tahun 2015. KoinWorks mendapatkan suntikan dana dari investor dalam negeri seperti Mandiri Capital Indonesia. Ada juga suntikan investasi dari Singapura yang bernama Saison Capital.  Menurut website resmi  Koinworks, jumlah karyawannya hanya 50 an. Jumlahnya sedikit meskipun dana yang dikelola mencapai triliunan.

Cara berinvestasi di Koinworks

Pertama-tama melakukan pendaftaran sebagai pendana terlebih dahulu. Caranya :

  1. Daftar dengan akun Gmail
  2. Isi identitas baik biodata hingga rekening.
  3. Transfer ke Virtual Account KoinWorks
  4. Pilih peminjam yang akan dimodali
  5. Lakukan check out.
  6. Tunggu pembayaran dari peminjam

Apakah Koinworks menipu?

Koinworks sudah jelas tidak menipu penggunanya. Apalagi perusahaannya sudah terdaftar di OJK. Dan saat ini sudah melayani ribuan pinjaman yang memiliki nilai mencapai 2,5 triliun lebih.  BanYak testimoni peminjam yang terbantu dengan hadirnya  KoinWorks.

Kelebihan Koinworks

Variasi Pinjaman

Kelebihan Koinworks

Pinjaman yang bisa dimodali oleh para investor Koinworks itu banyak sekali jenisnya. Ada pinjaman personal. Biasanya pinjaman personal digunakan untuk edukasi, pembelian stok bisnism dan lainnya.

Tetapi banyak  juga  perusahaan yang meminjam di Koinworks. Biasanya jumlah perusahaan besar yang meminjam memiliki nilai pinjaman yang fantastis. Pinjaman yang bisa didanai juga memiliki kategori. Kategoi paling aman adala A1, yang mana 100% uang kembali kalau ada kegagalan dan return bunganya kecil.

Sementara kategori paling riskan adalah kategori E. Tetapi kategori tersebut sangat jarang ditemukan. Meskipun muncul tetapi akan mudah terisi oleh para pemberi pinjaman. Karena bunga yang ditawarkan oleh kategori E sangat besar.

Tenornya juga bermacam-macam. Ada yang 1 bulan, 3 bulan, 12 bulan, bahkan 24 bulan. Semakin lama tenor yang diberikan semakin besar pula dana yang didapat.

Pengembangan dana bisa melalui Koin Robo

KoinRobo merupakan salah satu fitur yang saya suka. Alasannya adalah KoinRobo merupakan program dari Koinworks yang dibuat dengan machine learning. Yang mana pendanaan dengan KoinRobo sudah bisa diprediksi keakuratannya.  Saat kita mendanai melalui KoinRobo, maka kita  sama dengan mendukung perusahaan atau bisnis yang memiliki dampak sosial yang tinggi.

Keamanan yang tinggi

Keamanan menjadi elemen penting, apalagi untuk aplikasi finansial technology. Saat mendaftarpun diharuskan untuk foto selfie dengan KTP. Saat login juga akan dimintai email terlebih dahulu. Lalu dilanjut dengan input OTP yang terkoneksi melalui WhatsApp. Baru setelah itu menggunakan PIN yang sudah dibuat.

Bisa membeli Emas dengan KoinWorks

Koinworks emas

Emas merupakan salah satu logam mulia yang sejak dahulu sangat bernilai dibandingkan dengan logam yang lain. Harga emas sendiri cenderung naik dan jarang sekali memiliki penurunan.

Membeli emas batangan bisa di Pegadaian langsung. Tetapi saat ini sudah bisa melalui KoinWorks, yaitu dengan KoinGold. Kehadiran fitur Emas ini menyemarakan trend investasi emas yang semakin hari semakin meningkat dan populer.

Minimum pendanaan yang terjangkau

Salah satu platfrom investasi P2P Lending yang terjangkau untuk pendana adalah KoinWork. Biasanya platfrom lain memberikan batas yang tinggi untuk akun virtual. Misal minimum untuk bisa investasi harus setor dana 1 juta.

Lain ceritanya bila menggunakan Koinworks. KoinWorks memiliki batas minimum pendanaan hanya Rp. 100.000 . Artinya dengan uang 100.000 sudah bisa mendanai perusahaan besar.

Customer Service yang tanggap

Saat ada kendala dalam melakukan pendanaan pasti butuh bantuan langsung. Tentunya yang dihubungi pasti Customer Service. Dan yang paling diharapkan cepar dan tanggap dalam menangani masalah. Koinworks memiliki CS yang cepat dan tanggap.

Kekurangan Koinworks

Jujur saja ini menjadi keluhan bagi pendana diluar sana. Misal pendana sudah menyetorkan uang kepada peminjam dan dalam waktu satu bulan lebih statusnya masih dalam proses. Lalu setelah satu belan ternyata dibatalakan. Maka uang tersebut selama 1 bulan tidak bekerja sama sekali.

Keluhan lain datang dari tampilan aplikasi yang cukup rumit. Menurut saya bagusan versi dahulu, yang enak dimengerti.  Disisi lain ukuran aplikasinya terlalu besar bagi saya. Idealnya aplikasi Fintech harus mirip kaya aplikasi bibit. Mungkin karena hp saya jelek hehe.

Kesimpulan

Sejauh ini saya menggunakan Koinworks aman-aman saja. Dari awal saya lancar, Alhamdulillah. Kendala saya cuman sebatas aplikasi yang terlalu besar dan desain yang rumit. Kedepannya semoga Koinworks semakin lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *