Rank Math vs Yoast SEO
SEO

Rank Math vs Yoast SEO, ternyata Rank Math lebih unggul

Membicarakan Rank Math, plugin SEO terbaru yang sedang ramai dibicarakan.

Sudah lama tidak update di blog Hartonoinfo. Karena ada blog lain yang harus diurus. Sejauh ini jumlah pengunjung Hartonoinfo, Alhamdulilah semakin bertambah. Meskpun diluar sana ada yang usia domainnya sama dengan hartonoinfo, tetapi pengunjungnya lebih banyak.

Admin sendiri cukup bingung melihat blog orang lain yang usianya hampir sama. Tetapi perkembangannya lebih pesat. Apakah trafik itu berdasarkan rezekinya masing-masing ? atau ilmu admin sendiri yang masih kurang.

Ngeblog dengan WordPress.org sendiri cukup rumit. Admin sudah merasakannya dan keteteran. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari update artikel, update plugin, update wordpress. Belum lagi optimasi gambar, backlink, kecepatan blog, dan lain-lain.

Mungkin rasa keteteran ini juga dirasakan oleh blogger professional dulu saat masih pemula. Jujur jam terbang itu berpengaruh terhadap kemampuan seseorang. Banyak blogger professional yang membuka kelas. Dan Admin udah join 2 kelas dengan orang yang berbeda.

Keduanya dalam menulis artikel menggunakan plugin yang berbeda-beda.  Ada yang menggunakan YOAST SEO dan juga RANKMATH. Keduanya menurut admin lumayan bagus. Yoast SEO direkomendasikan oleh blogger sejak jaman dahulu. Namun plugin Rankmath juga tidak kalah, dan direkomendasikan akhir-akhir ini.  Yuk kita bahas satu-satu :

Apa itu Plugin Yoast SEO dan Rank Math

Plugin Rank Math

Keduanya baik itu Yoast SEO dan Rank Math merupakan plugin  yang membantu dalam menulis artikel SEO.  Untuk menulis artikel SEO, ada indicator yang harus dipenuhi. Bila warna indicator berwarna Hijau maka skor SEO pada artikel yang sudah ditulis bagus.

Yoast SEO sendiri ditemukan tahun 2007. Penggunanya sudah lebih dari 5 juta instal dan sudah diunduh sebanyak 202 kali.  Penemunya sendiri bernama Joost de Valk  yang berasal dari Belanda. Saat ini secara jumlah, Yoast SEO lebih banyak penggunanya dibanding dengan plugin yang kita bicarakan ini.

Lain dengan Rank Math. plugin ini memiliki usia yang lebih muda. Awal kali perilisan pada bulan November tahun 2018. Pengembangnya  sendiri adalah MyThemeShop. Saat ini memiliki versi terbaru. Yaitu versi 1.0.40

Fitur Rank Math

Fitur RankMath

Yoast SEO memang masih memiliki banyak pengguna. Terutama bagi kalangan senior dan bloger professional. Namun generasi yang belum lama sudah mengenalkan plugin ini dan mengatakan kalau lebih baik dari Yoast. Ada beberapa fitur  yang menarik, diantaranya :

  • Bisa input 5 Keyword langsung yang akan ditargetkan
  • SEO On Page yang cukup jeli, pemerikasaan keyword target pada judul halaman, deskripsi Meta, URL, dan lainnya.
  • Bisa memeriksa keyword destiny atau kepadatan keyword
  • Bisa menunjukan internal link dan eksternal link
  • Mengatur panjang permalink
  • Mengatur panjang deskripsi
  • Bisa mengetahui kecocokan Judul
  • Terdapat kejelasan apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus dikurangi
  • Keterbacaan Konten

Kelebihan Rank Math

1. Analisa Konten dengan skor akurat

Rank Math memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. Dengan banyaknya fitur yang bisa mendeteksi apakah artikel sudah sesuai SEO atau belum. Maka kita dimudahkan untuk mengetahui berapa skor SEO pada artikel yang kita buat.

Skor terdiri dari 3 indikator. Indikator warna merah dengan angka 0-50 artinya buruk dan tidak disarankan untuk diterbitkan. Selanjutnya warna kuning, dengan angka 50-80, artinya harus ditingkatkan. Sedangkan hijau dengan skor 80-100, maka boleh diterbitkan.

3. Memiliki User Interface yang menarik

Interface Rankmath

  User Interface atau antarmuka pengguna Rank Math lebih bersih dan rapi ketimbang  Yoast. Pengembang Rank Math merancang dua tampilan yaitu :

A. Mudah (Easy)

Bagi yang mengedit singkat atau memilih mode tampilan yang ringkas. Mode Easy atau (mudah) sangat disarankan. Hal ini akan mempermudah dalam melakukan semua pekerjaan. Dan tidak melakukan pengaturan Rank Math yang lebih spesifik.

B. Lanjutan (Advances)

Bagi orang yang mau ribet dan memilih pengaturan yang lebih spesifik. Tampilan lanjutan lebih diplih. Karena akan menampilkan kendali penuh atas SEO. Dan pengaturan Advanced hanya diperuntukan bagi kalangan professional.

3. Proses Setup dan Pengaturan yang Mudah

Setelan  menginstal plugin Rank Math, selanjutnya melakukan pengaturan. Plugin Rank Math akan melakukan pengaturan penuh secara langsung. Penginstalan Rank Math sendiri cukup berbeda dan tidak perlu membuat akun.

4. Support Google Search Console

Fitur terkoneksi dengan Google Search Console sangat jarang ditemukan di plugin lain. Rank Math memberikan sebuah alternatif dengan menawarkan koneksi dengan Google Search Console. Seperti yang kita ketahui Google Search Console menjadi alat yang digunakan untuk memantau jumlah pengunjung.

5. Gratis dan fitur upgrade Pro

Layanan Rank Math memang lengkap. Dan fitur-fitur nya bisa dibilang lebih baik ketimbang Yoast SEO meski gratis. Dan  untuk fitur yang lebih baik bisa diupgrade lagi dan membayar setiap bulanan. Saat ini menggunakan fitur gratis saja cukup dan sangat memuaskan. Namun bila dirasa kurang, silahkan upgrade.

Ada beberapa fitur premium  Rank Math Pro yang menarik. Misalnya fitur Watermark gambar. Jadi saat menambahkan gambar di sosial media yang berasal dari artikel blog, otomatis aka nada Watermarknya.

Fitur premium lainnya adalah Google Trend Data. Dengan menggunakan Rank Math Pro, kita tidak perlu lagi keluar dan melihat google trend. Secara otomatis data google trend bisa dilihat di Dashboard WordPress secara langsung.

6. Memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Yoast SEO

Ukuran plugin Rank Math itu 3 kali lebih kecil dari Yoast SEO. Seperti yang kita ketahui, semakin banyak plugin maka akan mempengaruhi kecepatan blog. Dengan ukuran plugin yang kecil. Berarti blog yang dibuat mendapat keuntungan yaitu kelonggaraan hosting dan kecepatan web yang lebih stabil.

7. Integrasi Peta Situs XML

Peta situs merupakan salah satu hal yang harus dibuat saat awal membangun blog. Apa jadinya kalau blog yang sudah dibuat tidak memiliki peta situs. Peta situs memiliki fungsi dalam pengindeksan. Jadi kalau tidak dilengkapi dengan peta situs, maka artikel yang sudah dibuat akan tidak terdeteksi oleh Google

Plugin ini menghasilkan peta situs (sitemap) secara otomatis. Dan tentunya bisa dibuat atau diatur sesuai keinginan. Misalnya peta situs berita, gambar, dan lainnya. Secara umum lebih baik menggunakan Rank Math karena akan membantu pembuatan peta situs otomatis.

Mau pakai manapun sebenarnya ada kekuarangan dan ada kelebihan. Dan bagi kita pasti memilih plugin yang memiliki fitur lebih dan gratis. Gunakan Rank Math dijamin akan puas karena fiturnya yang lengkap. Semoga bermanfaat, Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *