Menulis Artikel SEO Friendly
SEO

Pentingnya menulis artikel SEO untuk Blog

Artikel merupakan konten utama dalam blog. Seperti yang kita tahu artikel bisa dibuat dengan berbagai cara. Mulai dari membeli, mengcopy, hingga menulis sendiri.  Menulis artikel bisa dibilang gampang gampang susah.

Mungkin bagi beberapa orang menulis artikel, tinggal menulis saja di blog. Biarkan tulisan mengalir begitu saja. Padahal ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel.  Untuk blogger yang mengutamakan trafik, pastinya mementingkan SEO.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membuat artikel tentang apa itu SEO, silahkan klik disini kalau mau membaca. Bedanya artikel SEO dan artikel biasa adalah artikel SEO lebih banyak yang diatur. Mulai dari gambar, internal linking, dan lain-lain.

Pengertian Artikel SEO Friendly

Artikel SEO Friendly

Artikel SEO Friendly merupakan artikel yang dibuat berdasarkan kaidah-kaidah SEO. Yang mana SEO sendiri merupakan optimasi agar mesin pencari bisa menaikan peringkat blog yang sudah dibuat. Artikel SEO Friendly bisa menjadi senjata ampuh agar blog bisa berada di page one Google.

Namun dalam sebuah blog. Hendaknya dalam membuat artikel memang harus SEO Friendly. Dan hal itu perlu konsistensi yang tinggi. Mengingat artikel SEO Friendly itu bukanlah hal mudah.

Apakah Artikel dengan SEO itu penting ?

Pentingnya Artikel SEO Friendly

SEO TIDAK PENTING,  Kalau…

SEO memang tidak penting. Terutama bagi blog yang membahas dunia sastra. Misalkan blog tentang puisi, blog catatan harian, hingga blog karya ilmiah. Tentu ada alasan kenapa SEO tidak penting bagi blog yang membahas hal-hal diatas tadi.

Menurut beberapa pakar, Blog yang kontennya berupa krativitas sastra tidak perlu SEO. Karena bisa mengubah kualitas karya yang sudah dibuat.  Jadi pengunjung hanya datang karena kualitas karya yang dibuat.

SEO SANGAT PENTING, Kalau….

SEO Sangat penting. Ya bagi saya juga begitu, seo itu penting. Alasannya ya tentu ingin menjadi blog ternama. SEO bisa dibilang sangat rumit dan kompleks. Banyak praktisi SEO yang naik turun menyesuaikan algoritma Google.

Bagi blog yang mengutamakan trafik, publisher AdSense, digital marketing, SEO specialist. SEO sangat penting, karena berpengaruh pada penghasilan.

Ya jadi bisa disimpulkan kalau artikel SEO itu bisa penting atau tidak penting. Tergantung tujuan ngeblognya untuk apa.

Karena berbeda dengan menulis artikel biasa. Tentu menulis artikel SEO Friendly memiliki kelebihan dan kekurangan.

Keuntungan membuat Artikel SEO :

Keuntungan

Bisa mendapat pageone Google

Yap Page One adalah suatu hal yang sangat disukai bagi SEO praktisi diluar sana. Bukan hanya SEO praktisi saja, tapi juga blogger biasa seperti saya. Berada dihalaman Google bisa meningkatkan pengunjung. Dan itu suatu keuntungan buat pemilik, karena blognya semakin disukai Google.

Menyelesaikan salah satu pengerjaan SEO

SEO begitu kompleks. Ada SEO off page dan juga SEO on page. Menulis artikel sendiri termasuk SEO On page.  Jadi kalau artikel yang dibuat sudah SEO friendly, maka sudah menyelesaikan setidaknya 1 pekerjaan SEO.

Menambah jumlah visitor organik

Artikel SEO memang lebih diutamakan oleh Google. Makanya blog yang memiliki jumlah artikel SEO yang banyak, sudah pasti memiliki visitor organik yang banyak pula.

Meningkatkan branding blog

Blog semakin dikenal, ketika posisi blog pageone dan juga memiliki artikel yang berkualitas. Berkualitas artinya ya memuaskan pembaca dan memenuhi kaidah SEO.  Blog yang semakin dikenal akan membawa banyak pengunjung. Karena mereka tidak ragu dengan kualitasnya dan selalu muncul di halaman pertama.

Bisa menambahkan omset bisnis / penghasilan

Misal artikel tersebut mengulas suatu produk dan berhasil membuat pengunjungnya membeli. Mala artikel tersebut berhasil menambahkan omset bisnis. Atau mungkin link afliasi, misalkan saya mempromosikan niagahoster  sebagai penyedia hosting dan domain. Ketika pengunjung menggunakan kode afliasi saya, saya berhasil mendapatkan tambahan pendapatan.

Artinya apa, kualitas artikel SEO itu penting dalam bisnis juga. Diluar sana banyak bisnis yang menggunakan jasa marketer untuk optimasi SEO atau mengiklankan melalui Facebook, Instagram, dll.

Setelah mengetahui tentang manfaat artikel SEO Friendly. Bagaimana kalau kita membahas lebih dalam tentang bagaimana membuatnya.

Menulis artikel SEO Friendly :

Keyword

Langkah Pertama : Pilih Keyword (Kata Kunci)

Keyword atau kata kunci merupakan salah satu pondasi utama dalam menulis artikel. Tentunya harus kita tentukan dulu kata kunci yang menjadi acuan. Biasanya untuk menentukan kata kunci, bisa menggunakan  tool atau alat yang tersedia di internet.

Tool untuk riset keyword terbagi menjadi dua. Yaitu tool berbayar (premium) dan juga tool gratis (free). Bagi yang memiliki budget lebih dan ingin menjadi professional blogger, lebih baik menggunakan tool berbayar. Karena data yang ditampilkan lebih akurat.

Contoh Tool berbayar adalah SEM Rush, Aherfs, Ubber Suggest. Contoh tool yang bisa digunakan secara gratis adalah Google Keyword Planner, Ubbersuggest, Bing Webmaster Tool, dan lainnya.  Pilihlah kata kunci yang memiliki volume yang besar. Tidak masalah memilih volume yang kecil, karena besar kecil hanya oposional.  Ada untungnya memilih keyword dengan volume besar, yaitu keyword tersebut banyak yang mencari. Ada ruginya juga memilih keyword volume besar, yaitu memiliki banyak persaingan.

Keuntungan menggunakan keyword keci adalah bisa dengan mudah masuk pageone. Namun yang mencari keyword tersebut jumlahnya sedikit.

Penempatan Keyword

Buatlah artikel yang enak dibaca dan tidak terlalu memaksakan penempatan keyword dalam jumlah banyak. Dalam membuat artikel SEO Friendly, yang membaca adalah manusia bukan robot. Buatlah pembaca enak pada artikel yang sudah dibuat.

Penempatan Keyword harus diperhatikan pada URL. Usahakan URL mengandung keyword utama. Begitu juga dengan meta deskripsi.  Kalau perlu tambahkan teks ALT dengan keyword utama saat menyisipkan gambar.

Heading

Heading merupakan salah satu struktur yang membentuk artikel.  Jadi ada sub topik pada artikel yang harus diperinci lagi. Untuk membuat heading sebenarnya tidak wajib untuk menyematkan keyword. Namun beberapa plugin seperti YOAST SEO dan Rank Math menyarankan untuk menambahkan keyword.

Gambar

Artikel tanpa gambar itu sangat tidak disarankan. Untuk Artikel  SEO Friendly harusnya  ada setidaknya gambar 3-6 buah. Yang mana gambar tersebut memiliki ukuran yang tidak begitu besar. Jangan lupa perhatikan teks ALT yang harus diatur.

Paragraf

Aturan dalam menulis juga harus diperhatikan. Terutama jumlah kalimat dan baris dalam sebuah paragraf. Menurut beberapa pakar SEO, jumlah baris dalam sebuah paragraph normalnya 4-5 baris. Ada juga yang bilang 4-7 baris. Hal ini bisa memberikan pengaruh bagi pembaca. Semakin panjang paragraph semakin Lelah juga untuk dibaca.

Link (Backlink)

Link merupakan pranala yang mengarah kesuatu halaman tertentu. Artikel SEO Friendly pasti memiliki link yang mengarah ke halaman lain di blog yang sama. Dan kadang perlu juga menggunakan backlink dari situs luar yang mengarah ke artikel yang sudah dibuat.

 

Yap itu dia menulis Artikel SEO Friendly. Admin Hartonoinfo sendiri masih banyak belajar dalam membuat artikel. Karena artikel menjadi pilar utama pada sebuah blog. Sekian dan Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *