White Hat SEO
SEO

Penjelasan White Hat SEO , Teknik SEO yang sangat dianjurkan

Sebelumnya saya membuat artikel tentang Black Hat SEO. Kali ini saya membahas jenis SEO yang sangat kontra dengan Black Hat SEO yaitu White Hat SEO.  Teknik SEO ini sangat digemari oleh berbagai kalangan dan praktisi SEO. Hal ini dikarenakan Google juga menyarankan menggunakan teknik tersebut. Daripada menggunakan Black Hat SEO yang bisa berdampak buruk mending menggunakan teknik lawannya.

Pengertian White Hat SEO

 

White Hat SEO adalah sebuah teknik yang berkiblat pada aturan main Google dengan tujuan mengoptimalkan pengalaman pengguna (user experience) dalam mencari informasi yang relevan sesuai dengan apa yang dicari. Artinya trafik dari manusia sendiri yang sangat penting.

Aturan Google sendiri sangatlah ketat dan banyak sekali hal abu-abu atau tidak sepenuhnya jelas.  Maka dari itu White Hat SEO menjadi pilihan utama bila dibandingkan dengan Black Hat SEO. Menurut para pakar SEO hasil dari White Hat SEO ini bisa berdampak panjang yang bagus.

Teknik White Hat SEO

Ada beberapa step yang termasuk teknik White Hat SEO. Berikut ini penjabarannya :

1. Riset Keyword

Keywords

Riset Keyword merupakan hal penting dalam sebuah konten.  Hal ini dikarenakan Riset Keyword merupakan langkah yang penting sebelum menulis artikel untuk blog ataupun website. Tujuan dari riset Keyword adalah menentukan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan saat membuat artikel.

Dengan adanya riset, maka selaku penulis artikel bisa mengetahui kata apa yang sedang dicari orang di search engine seperti Bing, Google, dan lainnya. Hal yang harus diperhatikan saat riset keyword :

  • Volume Pencarian
  • Keyword Difficulty (Kesulitan Keyword)
  • Keyword Suggestion (Keyword yang disarankan)
  • SERP (Search Engine Result Page)

Ada banyak tool  atau alat yang digunakan. Namun tool-tool  ini sifatnya oposional dan bisa dipilih salah satu. Ada  Ubbersuggest, Google Keyword Planner, Google Related Search,  Ahrefs, Semrush, Moz, dan lain-lain.

 2. Membuat artikel yang berkualitas

White Hat SEO

Artikel berkualitas adalah pondasi utama suatu blog. Setelah menentukan niche blog, riset keyword, selanjutnya membuat artikel. Ada beberapa kriteria tentang artikel yang berkualitas. Ini dia :

  • Paragraf singkat dan padat
  • Menggunakan kaidah Bahasa yang benar
  • Jumlah kata lebih dari 500
  • Memiliki judul yang reate dengan isinya
  • Gambar yang pas

3. Link Building

Link Building merupakan salah satu teknik agar website tertentu mau memberikan link kepada website yang sudah kita buat. Usahakan berasal dari yang bukan abal-abal. Biasanya link yang didapat itu ada beberapa alasan, entah karena relasi,atau yang paling sering content placement.

Ada 3 hal yang harus diketahui dalam melakukan link building :

  • Berasal dari Website Berkualitas

Tentunya memiliki trafik yang tinggi, tidak ada unsur spam, konten berkualitas, dan interaksi website yang ramai

  • Dari situs yang memiliki topik serupa

Jangan sampai mendapat link dari situs aneh-aneh. Seperti situs uang panas atau situs yang tidak relare

  • Terlihat alami

Link building yang bagus artinya tidak terlihat seolah-olah seperti link building.

4.Template dan Tampilan Blog

Template dan tampilan blog itu penting dan harus setiap minimal seminggu sekali dibenahi.  Lakukan pengecekan berapa kecepatan blog saat dikunjungi. Bisa menggunakan Google Speed insight atau menggunakan Gtmetrix. Semua gratis dan lengkap. Tinggal bagaimana menerapkannya.

5. Pengaturan Meta Tag

White Hat SEO 2

Meta tag adalah deskripsi yang bisa dilihat pada halaman hasil pencarian ketika sedang berselancar didunia maya.  Pengaturan meta tag juga menjadi bagian White Hat SEO loh. Misalnya pada Meta Tittle (Judul Link) harus ada keyword, Meta  Description  (rangkuman), dan meta Keyword.

Keuntungan menggunakan Teknik White Hat SEO

1.Tidak adanya Resiko.

Teknik ini dilakukan dan sudah pasti 100% aman. Kedepannya tidak perlu takut kalau Google meninjau situs dan mengeceknya.  Biasanya Google akan mengecek situs disaat pembaruan algoritma atau pada saat peninjauan pemasangan Google Adsense.

2.Bisa menduduki “Page One” Google

Ap aitu Page One Google?  Ya tentu saja halaman pertama Google. Saat kamu mengetik suatu Keyword di google dan keluar hasilnya. Itu dia yang dinamakan Page One Google, alias halaman pertama. Kenapa halaman pertama penting banget? Ya dari Halaman pertama itulah situs mendapatkan trafik yang besar.

3. Semakin disayang Google

Kesannya berlebihan ya. Tapi itu benar adanya, faktanya kalau Situs yang menggunakan  teknik ini maka Google pun tidak segan menaikan rangking. Tetapi sesuai aturan yang ada mulai dari keyword, backlink, dan lain-lain.

4. Biaya minim

Maksud dari biaya minim adalah biaya yang dikeluarkan sedikit. Bagi banyak orang mengeluarkan modal besar merupakan tantangan tersendiri. Bagi saya juga begitu, intinya paling minim harus bisa balik modal. Teknik ini benar-benar tidak perlu membuang biaya besar. Tidak perlu membayar iklan atau membeli backlink situs yang terkenal

5. Bukti sesuai aturan Google

Dibanding Black Hat, White hat memang dianjurkan. Intinya tidak ada langkah-langkah yang melangggar aturan google sama sekali. Hasil yang didapat juga pasti maksimal dan dapat meningkatkan kredibilitas website. Dengan meningkatnya kredibilitas dimata Google maka semakin dikenal dan memiliki pengunjung dengan jumlah yang banyak.

6. Investasi Jangka Panjang

Pelan namun pasti adalah kata yang tepat untuk teknik ini.  Pelaksanaan teknik ini bisa memberikan hasil yang konsisten untuk bertahan di halaman utama google. Tentu apabila ada pembaruan algoritma, peringkat situs tidak langsung turun gratis. Malah lebih bertahan ketimbang yang menggunakan black hat SEO.

Kekurangan Teknik White Hat SEO

1. Cukup susah

Ya White Hat SEO sendiri cukuplah susah dan tidak mudah. Perlu belajar dan praktek yang tidak sekali jadi. Saya rasa menjadi pakar SEO juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menerapkan teknik. Apalagi bila teknik ini hanya dilakukan sendiri, bisa pusing sendiri.

2. Membutuhkan waktu yang lama

Sebagian besar situs-situs yang menduduki pageone tertentu pasti dibangun oleh tim. Ada yang khusus membangun SEO Off Page, SEO Onpage, edit gambar, research keyword, hingga penulisan artikel. Semua akan  teratur karena tidak di handle oleh satu orang. Apa yang terjadi bila dibangun satu orang? Tentu perlu waktu lama.

Yap itu dia teknik White Hat SEO. Teknik yang memiliki durasi panjang untuk diterapkan. Tetapi teknik ini memang sangat bagus. Google saja menyarankan dan tidak menjadi suatu pelanggaran.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *