Wordpress
Wordpress

Pengertian WordPress dan Sejarahnya (2003-sekarang)

Bloging atau ngeblog merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Dengan ngeblog kita bisa meluapkan isi pikiran atau menambah pengetahuan baru. Disis lain juga bisa memperkaya bendahara kosakata yang ada di otak kita.

Platfrom Bloging memiliki jumlah yang banyak. Beberapa platffrom ngeblog ada yang tersedia untuk berbayar. Dan tentu saja banyak keunggulan yang didapat dari fitur yang berbayar. Beberapa platfrom ngeblog diantaranya : WordPress, Blogger, Drupal, Blogsmith, Joomla, Gawker, Movable Type, dan masih banyak lagi.

WordPress sendiri saat ini menjadi platrom favorit bagi para blogger. Banyak alasan yang dipertimbangkan kenapa wordpress lebih baik. Bagi saya sendiri, WordPress memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki platfrom lain. Salah satu fitur yang saya suka adalah plugin. Lalu sebenarnya apa itu WordPress?

Pengertian Worpress

Sebenarnya apa itu WordPress? Pengertian sederhananya adalah platfrom untuk ngeblog. Namun untuk lebih spesifik lagi, ada penjelasan khusus mengenai wordpress. WordPress adalah sistem manajemen suatu konten dengan sumber terbuka yang mana cukup popular bagi kalangan blogger diseluruh dunia.

WordPress dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Disisi lain sebagai blog, WordPress digunakan sebagai CMS atau Content Management System. Beberapa situs ternama juga menggunakan WordPress, seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Kebanyakan blogger tahunya WordPress hanya memiliki satu jenis saja. Padahal wordpress terbagi menjadi dua jenis yaitu WordPress.com dan WordPress.org . Keduanya memiliki nama berbeda dan jelas memiliki perbedaan fitur juga.

1. Dari segi harga

WordPress.com memiliki harga gratis dengan nama domain (namadomain.wordpress.com). Nah untuk WordPress.com bisa diubah menjadi (namadomain.com), dimana perlu biaya tambahan lagi untuk membeli domain saja.

WordPress.org memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini dikarenakan harus membeli layanan hosting dan domain. Kebanyakan blogger dibelahan dunia menggunakan WordPress.org untuk membuat blog lebih professional.

2. Tampilan atau Tema

WordPress.com memiliki tampilan yang terbatas. Hal ini dikarenakan wordpress.com hanya membolehkan tema dari WordPress.com . Alhasil bisa dikatakan bila menggunakan WordPress.com akan bosan karena tema yang disediakan terbatas.

WordPress.org memiliki banyak pilihan tema. Tema tersebut bisa diambil gratis dari manapun dan bisa juga membeli tema premium. Tema premium sendiri memiliki harga yang bervariasi. Bagi kalian hati-hati untuk membeli tema. Kadang ada saja orang jahat yang berniat menipu.

3. Plugin

WordPress.com tidak bisa memiliki plugin baik plugin berbayar maupun plugin gratis. Padahal dengan plugin, blog bisa diatur dengan baik. Misal bisa mengatur keamanan, backup, dan lain-lain. Untuk WordPress.org , plugin baik berbayar maupun plugin gratis bebas digunakan.

4. Iklan atau Adsense

Sebagai bloger pasti mengharap yang namanya penghasilan dari tayangan iklan. Sangat disayangkan untuk wordpress.com tidak bisa dipasangkan iklan. Jadi untuk wordpress sendiri bukanlah pilihan yang tepat bagi bloger yang menginginkan penghasilan.

Sebenarnya bisa dipasang iklan, nama iklannya WordAds namun dengan syarat tertentu. WordPress.org merupakan pilihan yang paling tepat. Yang mana bebas memasang iklan dari berbagai jenis adsense mulai dari GoogleAdsense, MGID, dan yang lain.

Mungkin 4 perbedaan besar itu berdampak besar bagi performa blog kedepannya. Maka dari itu supaya tidak tanggung menjadi blogger lebih baik gunakan WordPress.org

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress cukup panjang. Meskipun sejarah Blogger lebih awal, tetapi faktanya pengguna WordPress lebih banyak ketimbang blogger. Artinya, WordPress memiliki kelebihan sendiri. Dan disis lain saya selaku penulis disini merasakan betul kenikmatan menggunakan WordPress.

WordPress terlahir – 2003

Sejarah wordpress 1.1

WordPress terlahir dari programmer yang bernama Michael Valdrighi, Mike Litte, Matt Mullenweg. Michael Valdrighi merupakan pengembang platfrom b2 cafeblog, yang mana B2 Cafeblog merupakan salah satu platfrom ngeblog saat itu.

Valdrighi mengembangkan B2 Cafeblog bersama Mike Litte. Pada bulan Mei 2003, B2 Cafeblog berhasil dikembangkan dan diperbaiki hingga menjadi sebuah versi terbaru yang diberi nama WordPress versi 1.1 . Gambar diatas  merupakan tampilan WordPress 1.1 .

WordPress dengan plugin – 2004

Tahun 2004 menjadi titik paling progresiv bagi WordPress. Meskipun baru menjadi versi ke-2 tetapi peningkatan fitur sudah cukup banyak. Diantaranya sudah tersedia plugin, edit link, komentar, dan juga tab post review. Pada tahun ini pengguna WordPress meningkat drastic.

WordPress hadir dengan tema menarik – 2005

Versi 1.5 menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh banyak orang waktu itu. Mengingat WordPress sudah bisa memperindah tampilan dengan pilihan tema yang menarik. Berbeda dengan Blogger waktu itu yang masih biasa. Pada versi 1.5 WordPress menambahkan fitur pilihan tema, header + footer, dan sidebar.
Versi 2.0 lahir pada akhir tahun 2005. Versi 2.0 dirilis dengan dasbor admin terbaru. Menggunakan JavaScript dan HTML, versi ke-2 sudah bisa menggunakan tag dan juga menghapus komentar tanpa membuka halaman komentar. Berikut tampilan wordpress 2.0 :

Sejarah WordPress 2.0

WordPress kolaborasi dengan Happy Cog – 2008

Sejarah WordPress bersama Happy Log

Sebuah perusahaan desain web bernama Happy Cog bergabung dengan WordPress. Tujuannya adalah membantu desain layar muka WordPress. Ada beberapa fitur baru saat Happy Cog bergabung, yaitu klik update, dan built-in plugin. Gambar diatas merupakan hasil kerjasama WordPress dengan Happy Cog.

WordPress versi 3.0 hadir – 2010

WordPress pada bulan Juni tahun 2010 hadir dengan versi yang ke-3. WordPress melangkah lebih maju ketimbang blogger sebagai CMS ( Custom Management System ). Ada beberapa fitur tambahan dan perbaikan seperti custom post, custom taxonomi, backround, header, menu, dan laman admin.

WordPress hadir dalam berbagai bahasa – 2014

Tahun 2014 merupakan tahun yang cukup bersejarah bagi WordPress. Dimana tahun ini versi 3.9 ; 4.0 ; dan 4.1 rilis. Pada tahun ini lebih dipentingkan untuk peningkatan visual post editor. Seperti gambar bisa di drag langsung oleh editor. Selain itu ada juga widget seperti preview, audio playlist, dan tidak lupa juga hadir dalam berbagai bahasa.

Woocomerce terlahir – 2015

WordPress versi 4.2 , 4.3 , 4.4 juga hadir ditahun 2015. Fokusnya pada tahun 2-15 adalah improve pada penambahan emoji, pengaturan tema. Dan tidak lupa juga plugin WooComerce hadir. Plugin ini digunakan untuk situs komersial.

WordPress 5.0 dirilis – 2018

Wordprsss merilis versi yang ke-5 . Pada versi ke-5 ini yang difokuskan oleh developer adalah kemampuan editing tampilan. Nama dari proyek pengembanagan editor tampilan ini adalah Gutenberg. Berikut ini adalah tampilan dari WordPress 5.0

WordPress 5.4 hadir – 2020

Wordpress 5.4

Akhir Maret tahun 2020 WordPress merilis versi 5.4 . Versi ini memiliki banyak peningkatan. Fitur baru yang hadir pada versi ke 5.0 adalah fitur block editor. Untuk versi 5.4 merupakan versi perbaikan. Perbaikan tersebut diantaranya : Welcome Guide, Fullscreen menjadi defaulr, Block Social Icons, Block Buttons, Breadcumb Bar, dan beberapa fitur lainnya.

Yap itulah perkembangan WordPress dari waktu ke waktu. Kedepannya pasti akan banyak perbaikan yang bisa meningkatkan WordPress sebagai platfrom terbaik. Mungkin sejarah Blogger bisa dibaca disini .  Artikel ini merupakan terjemahan dari Wpbeginner yang berjudul “The History of WordPress

One Reply to Pengertian WordPress dan Sejarahnya (2003-sekarang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *