Pengaturan Blogspot
Blogger

Cara Melakukan Pengaturan Dasar Blogspot (Blogger) terbaru

Blogspot selain murah dan gratis, platfrom ngeblog satu ini mudah digunakan. Dan beberapa waktu yang lalu saya membuat tutoria tentang cara membuatnya.  Buat yang belum baca silahkan klik tautan disamping yang berjudul  “Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot”. Semoga dibaca dan bermanfaat ya! Setelah baca itu, baru lanjut ke artikel ini.

Setelah membuat blog gratis dengan blogspot. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan dasar pada blogspot. Kenapa itu penting? Ibaratkan mau mengoprasikan laptop maka perlu diatur mulai dari sistem operasinya, kecerahannya, batas rendah baterai, atau bahkan update sistem operasi. Begitu pula blog, agar kedepannya optimal perlu melakukan peraturan dasar.

Perlu diketahui, pengaturan ini hanya dilakukan sesuai pengetahuan saya. Jadi ada beberapa yang sengaja diabaikan dan tidak diatur sama sekali (dibiarkan default atau bawaan). Nanti kedepannya bila pengetahuan teman-teman sudah bertambah bisa diatur sesuai keinginan diri sendiri.

Letak Menu “Setelan” untuk mengatur berbagai hal di Blogspot

Menu setelan terletak di urutan ke-8 bila diurutkan dari atas. Menu setelan digunakan untuk melakukan berbagai pengaturan dasar. Seperti mengatur judul, publikasi, HTTPS, Izin, postingan, komentar, E-mail, Pemformatan Waktu, Tag Meta, Crawler dan pengindeksan, Monetasi, dan lain-lain.

Meskipun banyak pengaturan dasar, tetapi tidak semuanya nanti akan diatur. Hanya beberapa saja yang dianggap penting dan perlu saja. Yok kita bahas satu per satu 😊

Pengaturan Dasar pada Blogspot (Blogger)

Pengaturan dasar terdiri dari beberapa macam hal yang harus diatur. Mulai dari judul, deskripsi, Bahasa blog, hingga favicon. Berikut ini adalah detailnya :

Pengaturan Dasar Blogspot

A. Judul

Perlu diingat Judul dan Domain itu berbeda. Domain merupakan alamat blog, contohnya www.Wikipedia.com ;  www.Maxmanroe.com ; dan lain-lain. Untuk judul sendiri merupakan nama dari blog tersebut, dalam eksperimen saya, saya sengaja menggunakan nama InfopediaBebas.

B. Deskripsi

Deskripsi blog merupakan penjelasan dari isi blog secara garis besar. Misalkan blog yang membahas tentang gadget. Deskripsi blog bisa dibuat seperti ini :

Blog yang membahas berbagai artikel travelling dan bisa membantumu setiap jalan-jalan.

Mungkin terlalu cringe ya, hehehe. Gunakan deskripsi yang mewakili keseluruhan isi blog . Usahakan yang kreatif.

C. Bahasa Blog

Bahasa Blog merupakan Bahasa yang digunakan dalam setiap artikel yang sudah dibuat. Gunakan Bahasa Indonesia, kalau blog tersebut dituju kepada seluruh orang Indonesia. Gunakan Bahasa Inggris, kalau blog tersebut dibuat untuk pengunjung internasional

D. Konten Khusus Dewasa

Mending tidak usah dibahas ya. Soalnya konten khusus dewasa ini hanya digunakan untuk menampilkan kalau pembaca harus diatas umur 18 tahun. Toh ngapain bikin blog khusus dewasa.

E. ID Properti Google Analytics

Google Analitytic merupakan tool google yang digunakan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan blog. Seperti backlink, trafik, sumber trafik, dan banyak lagi. Next saya akan membuat artikel tentang ini.

F. Favicon

Merupakan sebuah icon yang digunakan sebagai identitas blog. Cara membuat favicon mudah kok. Bisa dicari di Google ya.

Pengaturan Privasi, Publikasi, dan HTTPS  pada blogspot

Pengaturan Privasi

Pengaturan Privasi berkaitan dengan apakah blog yang telah dibuat boleh ditelusuri oleh mesin pencari atau tidak. Bila diperbolehkan maka artikel yang dibuat akan di telusuri oleh Google dan dibaca orang banyak. Begitupula sebaliknya, bila  tidak maka Google tidak bisa mendeteksi blog yang telah dibuat.

Pengaturan Publikasi

Pada bagian pengaturan publikasi ada dua hal yang diatur yaitu Alamat Blog dan Domain Kustom. Alamat blog bisa diatur sendiri, namun untuk platfrom gratis harus pasrah dengan tambahan .blogspot.com. Untuk mengubah ke .com / .net / yang lainnya, harus membeli domain dan diatur di domain kustom

Pengaturan HTTPS

Untuk HTTPS lebih baik diaktifkan saja. Alasannya adalah HTTPS merupakan tanda bahwa blog tersebut aman untuk diakses. Ibaratnya SSL yang aktif. Resiko bila hanya menggunakan HTTP maka akan muncul peringatan kalau blog tersebut kurang aman.

Pengaturan Izin, Postingan, Komentar, dan Email pada blogspot

Pengaturan Izin terdiri dari Admin dan penulis blog, undangan penulis tertunda, undang lebih banyak penulis, Akses pembaca, dan lain-lain. Nah saya sengaja tidak merubahnya sama sekali. Karena sudah sesuai dengan keinginan saya.

Sementara itu pengaturan postingan sendiri bisa diatur sesuka kalian. Jumlah maksimal postingan bisa dirubah, terserah mau 5 atau 7 bahkan 10.  Tapi bagi saya idealnya hanya 5 postingan saja, itu sudah cukup. Lightbox gambar diusahakan aktif, agar bisa menampilkan gambar sebagai thumbnail per artikel

Pada bagian pengaturan komentar, saya biarkan default atau tidak dirubah sama sekali. Apabila mau menon-aktifkan komentar maka  pada bagian lokasi komentar pilih sembunyikan.

Pengaturan Email Blog sendiri bagi saya sudah cukup hanya dengan pengaturan default (tidak dirubah). Tetapi bagi kalian yang ingin menghindari komentar spam lebih baik aktifkan email pemberitahuan komentar.

Pengaturan Format Waktu (Pemformatan) dan Tag Meta pada blogspot

Waktu pada sebuah blog cukup penting. Biasanya akan berpengaruh pada postingan yang terjadwal.  Untuk Pengaturan waktu, zona waktu harus dirubah. Biasanya untuk zona waktu default mengunakan Waktu Pasifik, ubah menjadi Waktu Indonesia Barat.

Pengaturan Tag meta harus diaktifkan karena ini cukup penting. Tag Meta atau Meta Deskripsi merupakan deskripsi yang tampil di mesin pencarian Google. Dengan adanya tag meta yang aktif maka kedepannya deskripsi meta juga diketik sendiri.

Pengaturan Pengindeksan, Monetasi, dan Umum pasa blogspot

Untuk mempermudah Google mengindeks blog yang sudah dibuat. Dan mempermudah artikel yang sudah dipublish. Maka aktifkan robot.txt dan juga tag header robot kustom.   Jangan lupa daftarkan blog pada Google Webmaster atau Google Search Console. Google search console digunakan untuk mengindeks artikel secara manual.

Pada pengaturan Monetasi, saya nonaktifkan dulu karena belum ada iklan yang siap dipasang.  Untuk pengaturan umum, draf Blogger sebaiknya diaktifkan.

Begitulah pengaturan awal untuk blogspot yang saya lakukan. Saya belum pandai sepenuhnya, bila teman-teman lebih tahu silahkan komentar dan berikan masukan.  Terimakasih 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *