keuntungan domain tld
SEO

8 Keuntungan Domain TLD

Keuntungan domain TLD itu banyak. Mari simak!

Membicarakan dunia blogging pasti tidak ada habisnya. Kenapa? karena dunia ngeblog juga dinamis. Mulai dari SEO, konten yang mudah viral, algoritma Google, tema yang menarik, dan lain-lain.

Ngeblog juga harus pinter-pinter setting alias mengatur dan memanage blog yang dibuat.  Mulai dari domain, tema, keyword, backlink, dan lainnya. Karena kalau sudah salah langkah ujungnya harus repot memperbiki.

Sekarang mari kita bahas domain !

Apa itu Domain? 

Ada beberapa pengertian domain menurut beberapa ahli dan situs. Menurut Wikipedia, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau nama server di jaringan komputer ataupun internet.

Bagi admin sendiri, domain dianalogikan seperti nama sebuah jalan. Dengan mengetahui alamat tersebut, seseorang bisa berkunjung ke alamat tersebut. Atau kalau sudah  terkenal, maka temat tersebut punya definsisi sendiri.

Misalkan kalau kita mendengar nama domain Alodokter, pasti yang terbesit adalah situs kesehatan. Kalau mendengar nama domain Kompas.com, pasti sudah tahu kalau itu adalah situs berita.

Jenis-Jenis Domain

Domain ternyata memiliki berbagai jenis. Saat ini ada domain baru yang belum terkenal. Namanya domain .xyz . Tetapi domain tersebut sering dianggap sebagai domain spam.

Berikut ini adalah jenis domain :

  • TLD (Top Level Domain)

TLD atau Top Level Domain merupakan domain yang berada dibelakang web. Domain ini sudah ramai digunakan oleh banyak bloger dan situs.

Contoh domain TLD adalah .com, .org, .info, .xyz, dan lain-lain. Ada beberapa domain yang kurang populer misalnya .biz, .club, .agency.

  • ccTLD (Country Code Top Level Domain)

Domain ini berbeda dengan domain TLD yang lain. Bedanya terletak pada tambahan identitas wilayah suatu negara. Misalnya untuk Inggris adalah .uk , untuk Hongkong biasanya .hk, sementara Indonesia .id .

  • sTLD (Sponsored Top Level Domain)

Yang ketiga adalah Sponsored Top Level Domain. Jenis domain TLD yang satu ini adalah yang berbeda. Karena digunakan untuk organisasi tertentu.

Misalnya domain untuk entitas pemerintahan yaitu .gov . Untuk entitas pendidikan misalnya .edu. Dan masih banyak lagi

Keuntungan domain TLD (Top Level Domain)

keuntungan domain TLD

Apakah ada selain domain TLD? Tentu saja jawabannya adalah ada. Tapi dibahas lain kali saja ya hahaha. Baik ini dia keuntungan menggunakan domain TLD :

1. Domain lebih singkat

Keuntungan domain TLD  yang pertama adalah domain jadi singkat. Nama domain itu penting bagi blog. Biasanya semakin singkat nama domain semakin bagus. Domain itu sebuah identitas yang bisa dihafal oleh pengunjung. Apalagi kalau banyak artikel yang masuk page one, pengunjung bisa langsung sreg.

Dengan domain TLD, nama domain tidak terlalu panjang. Biasanya domain bawaan akan menambah deretan nama domain. Misalnya .blogspot.com , .wordpress.com . Tidak masalah kalau mau menggunakan domain gratisan, tapi baiknya ya menggunakan yang berbayar (domain TLD)

2. Terlihat Profesional

Bayangkan domain perusahaan menggunakan blogspot.com atau wordpress.com . Pasti sudah pasti akan menjadi bahan ledekan. Biasanya perusahaan menggunakan domain TLD.

Bukan hanya perusahaan saja yang menggunakan domain TLD. Para blogger biasa juga menggunakan domain TLD. Lebih keren, ringkas, dan terkesan niat ngeblog. Pokoknya dijamin tidak nyesel deh kalau pakai domain TLD.

3. Meningkatkan harga jual blog

Saat ini banyak orang yang memilih membeli blog. Biasanya yang beli ini malas setting. Karena membuat blog itu kan harus setting banyak hal. Mulai dari setting tema, setting domain, hingga membuat landing page.

Dengan top level domain ada keuntungan yang bisa menambah pundi-pundi uang. Keuntungan dari menjual blog dengan domain berbayar lebih besar dibanding dengan domain gratisan.

4.  Semakin dilirik oleh pengiklan

Domain TLD itu semakin dilirik oleh tukang iklan. Ya pengiklan yang dimaksud adalah perusahaan yang menawarkan produk atau jasa. Dengan domain Top Level Domain, maka perusahaan semakin mantap untuk mengiklankan produknya.

Syaratnya bukan hanya domain TLD saja. Biasanya tergantung dari niche blog, dan juga trafik blog yang tinggi. Intinya kombinasi dari trafik + niche blog + domain tld, pengiklan  akan datang dengan sendirinya

5. Investasi jangka panjang

Keuntungan domain TLD adalah menjadikan blog sebagai investasi jangka panjang.  Kenapa? Biasanya blog TLD yang rajin update akan meningkatkan harga blog dan nama domain tersebut.

Bayangkan kalau domain blog bisa dihargai sampai lebih dari ratusan juta. Kenapa mahal ? Ya karena sudah terkenal, backlink berkualitas, DA/PA tinggi, dan punya trafic tersendiri.

6. Memiliki posisi yang bagus dimata search engine

Keuntungan domain TLD adalah mendapatkan perhatian lebih dari Google. Tergantung ilmu SEO juga si sebenarnya. Tapi ya begitu faktanya, blog dengan domain TLD lebih diutamakan.

7. Memberi kepuasan tersendiri

Pas awal-awal ngeblog memang tidak masalah menggunakan domain gratisan. Tapi rasanya ya tetap ada yang kurang. Ada yang perlu ditingkatkan. Coba deh dengerin  nama blog yang akhirannya blogspot.com  atau ada wordpress.com . Pasti rasanya gimana gitu

Kalau langsung .com atau .id atau domain TLD yang lain pasti lega. Alasannya karena singkat dan lebih profesional saja.

8. Keuntungan domain TLD : Semangat update

Keuntungan domain TLD adalah membuat seorang blogger menjadi semangat update blog. Ya dengan domain berbayar, seorang blogger akan menganggapnya sebagai modal diawal.

Karena tahu domain itu bayar, makannya seorang blogger pasti semangat untuk update blog. Minimal bisa balik modal demi perpanjang domaian atau hosting.

Nah itu dia keuntungan domain TLD. Masih belum yakin beli domain. Kalau belum ada uang, boleh nabung dulu. Baru upgrade dari domain gratisan ke domain TLD. Sekian dan Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *