mendaftar google adsense
Blogger

Cara mendaftar Google AdSense dengan blogspot

 

Berkarya dengan menulis di platfrom Blog merupakan hal yang positif. Disatu sisi kita bisa melatih bagaimana menulis, kita juga bisa menuangkan bendahara kosakata yang ada di otak kita. Saat ini jumlah blog di Indonesia semakin bertambah dan variatif. Dibawah ini ada tutorial cara mendaftar Google Adsense dengan blogspot.

Tidak perlu modal banyak kok. Kalau sudah ada rezeki mending buat beli domain. Domain .xyz saja sudah bisa dibeli dengan harga dibawah 50.000 . Namun kekurangan domain .xyz adalah biaya perpanjangan yang mahal. Tenang saja masih ada cara mendaftar google adsense dengan blogspot. Tanpa keluar biaya sepeserpun.

Buat yang males keluar duit dan masih  ingin berkarya secara gratisan, tenang saja pasti bisa. Ada banyak platfrom menulis seperti Quora, Medium. Atau platfrom blog seperti wordpress.com dan blogger.com. Perlu diingat ngeblog dengan platfrom gratis wordpress.com tidak bisa dimonetasi. Meski gratis bisa kok menghasilkan dengan cara mendaftar google adnsense dengan blogspot

Keuntungan menggunakan Blogspot :

1. Sudah pasti Gratis

Yap ini adalah keuntungan yang hakiki. Siapa yang tidak mau keluar uang sepeserpun untuk berkarya dan menghasilkan uang? Saya juga dulu begitu. Menggunakan blogspot sebagai salah satu platfrom untuk menulis dan berharap diterima Google AdSense. Namun karena ketidaktauan tentang SEO, akhirnya blog yang saya buat kena Google Sand Box.

Blogspot itu gratis, bebas mau diisi apa saja silahkan. Tetapi kalau mau diterima Google AdSense harusnya jangan asal deh dalam memposting. Ingat ya, Google lebih menyukai blog dengan satu niche. Alasannya silahkan klik disini.

2.Tampilannya sekarang lebih modern

Saat ini tampilan blogger sudah diperbarui. Dahulu tampilannya tidak menarik sama sekali. Mungkin karena Blogger sadar bahwa kekalahannya dengan WordPress sangat telak. WordPress memiliki keunggulan dari segi tampilan maupun dari segi fungsi.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu Blogger sadar. Dan mulai menyesuaikan perkembangan seperti platfrom blog yang lain.  Ada beberapa fitur tambahan seperti pengaturan gambar yang lebih luwes, pengaturan URL Permalink yang lebih kompleks, hingga pengaturan metadeskripsi yang sudah lebih baik.

3.Tidak memerlukan biaya Hosting

Biaya hosting menjadi beban sendiri bagi pengguna CMS seperti WordPress.org. Tergantung berapa banyak kapasitanya, ada yang 500 ribu pertahun, ada yang 800 ribu pertahun. Biasanya sudah disediakan sepaket dengan domain.

Kelebihan platfrom blogger adalah tidak menggunakan hosting. Jadi untuk posting berapa ratus artikel juga tidak dikenakan biaya.

4. Bisa daftar Google AdSense

Dibanding dengan platfrom lain. Keunggulan utama dari Blogger versi gratisan (Blogspot) masih bisa mendaftar Google AdSense. Artinya kesempatan untuk bisa mendaftar Google AdSense setara dengan paltfrom berbayar seperti selft hosted WordPress, atau Blogger dengan domain TLD.

Syarat mendaftar Google AdSense untuk blogspot:

Agar bisa mendaftar google adsense tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Google tidak akan mau menampilkan iklan pada blog yang sembarangan posting. Cukup mudah memenuhi syarat agar mendaftar Google adsense dengan blogspot. Yang penting blognya tidak berisi s_x, j*di, atau pembahasan yang terlarang.   Dibawah ini merupakan syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya bisa diterima :

Orang yang mengajukan iklan harus berusia 18 tahun

Yap bagi kalian yang sudah berusia 18 tahun, kabar gembiranya sudah bisa mendaftar Google AdSense.  Alasan kenapa harus berusia 18 tahun, hal ini dikarenakan sudah bisa memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). Solusi bagi yang belum berusia 18 tahun, namun sudah memiliki blog dan siap mengajukan AdSense adalah dengan meminjam identitas dari saudara atau orang tua.

Memiliki konten yang cukup

Google tidak akan menerima pengajuan Google AdSense  bagi blog yang “miskin konten”. Miskin konten artinya memiliki artikel yang sedikit dengan kualitas yang tidak terlalu bagus. Lebih baik konten yang dibuat sedikit namun kualitasnya lumayan bagus.

Blog yang dibuat sudah terindeks oleh Google

Pastikan juga blog yang diajukan sudah terindex oleh Google. Kenapa harus deindex? Alasannya agar tahu bahwa situs tersebut sering membuat konten dan berhak untuk mengajukan Google AdSense. Untuk mengindex sendiri cukup mudah kok.  Caranya tinggal update artikel lalu copy link artikel tersebut ke Google Webmaster. Jangan lupa daftarkan blog ke beberapa search engine yaitu Google Analytic atau Google Webmaster.

Usia Website

Jangan sampai blog baru satu hari langsung mendaftar Google AdSense. Yang ada mendaftar google adsense untuk blog malah ditolak setelah menunggu sekian lama. Usia Website yang disarankan adalah 1 bulan. Ada beberapa yang menyarankan sampai 3 bulan. Atau bahkan hingga 6 bulan. Beberapa kasus bahkan pernah hanya kurang dari 1 bulan juga bisa diterima.

Memiliki Pengunjung

Google akan menampilkan iklan pada blog yang memiliki pengunjung banyak. Pastikan jumlah pengunjung sudah stabil. Beberapa sumber mengatakan harus memiliki jumlah pengunjung sekitar 100 orang per hari. Akan tetapi beberapa blog memiliki pengunjung yang berkisar dibawah 100 orang perhari.

Cara mendaftar Google Adsense dengan blogspot

Sebelum mendaftar Google AdSense dengan blogspot, pastikan syarat-syarat diatas sudah terpenuhi. Alasannya agar tidak menghasilkan kekecewaan yang mendalam. Biasanya orang-orang yan baru ngeblog pasti ngarep yang namanya diterima. Padahal untuk diterima saja lumayan susah.

Baik, saya anggap semua pembaca disini sudah memenuhi kelima syarat diatas. Sudah 18 tahun, sudah memiliki pengunjung, sudah keindeks, memiliki artikel banyak dan berkualitas, dan usia blognya lebih dari satu bulan.

1. Buka dashboard blogspot

Jadi untuk domain gratisan blogspot.com cara mendaftar Google AdSense-nya berbeda dibanding dengan domain TLD.  Yaitu dengan cara melalui dashboard Blogger langsung, seperti dibawah ini :

mendaftar google adsense dengan blogspot

Klik menu “Earning” atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan “Penghasilan”. Didalamnya terdapat penjelasan mengenai Google AdSense. Setelah dibaca dengan singkat, langkah selanjutnya adalah klik pada bagian “Daftar ke AdSense”

2. Isi data blog untuk persiapan akun

mendaftar google adsense dengan blogspot 2

Setelah mengklik “Daftar ke AdSense” maka langsung dialihkan ke from yang menanyakan beberapa hal. Diantaranya alamat website,  pilihan negara, higga persetujuan peraturan oline Google AdSense. Setelah menyetujui peraturan online, selanjutny akan diarahkan ke dasbor google AdSanse

3. Membuat alamat pembayaran

mendaftar google adsense dengan blogspot

Dasbor Google AdSense akan menampilkan “payment address details” atau alamat pembayaran. Pengisiannya harus sama dengan KTP . Hal ini dikarenakan digunakan untuk mengirim PIN pembayaran Google AdSense.  Selanjutnya klik Submit.

4. Kembali ke Dasbhoard Blogspot

mendaftar google adsense dengan blogspot

Apabila pengisian alamat pembayaran selesai. Maka Kembali ke dashboard Blog. Pada menu  Penghasilan maka akan keluar format tampilan iklan.  Namun untuk mengaturnya maka harus review kelayakan dari Google dengan waktu 2 minggu. Untuk mempermudah peninjauan maka akan lebih mudah dengan format “Ad Setup for Blog”. Tinggal tunggu deh.

Yap itu dia langkah-langkah mendaftar Google AdSense dengan blogspot. Jika diterima, selamat ya tinggal optimasi saja.

Contoh blog yang menggunakan blogspot dan memiliki penghasilan tinggi. Misalnya : strukturkode.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *