Blogger semakin ditinggalkan
Blogger

8 Alasan kenapa Blogger semakin ditinggalkan

Funfact : Saat ini platfrom Blogger semakin ditinggalkan

Hartonoinfo – Sampai saat ini eksistensi bloger itu masih ada. Bloger baru juga saat ini banyak bermunculan. Tapi tidak semuanya bisa konsisten bertahan menulis dan berhasil menjadi bloger yang sukses.

Menjadi seorang yang ahli di bidang bloger tentu menjadi mimpi bagi pemula. Perlu diingat semua butuh proses dan tidak mudah menjalaninya. Apalagi semata-mata demi uang. Haduh bisa repot nanti kedepannya, karena cape sendiri.

Membicarakan bloger, tentu seorang bloger harus tahu platfrom ngeblog. Saat ini ada banyak platfrom ngeblog yang bertebaran di internet sana.  Sebut saja seperti Wix.com, Medium.com, WordPress.com, WordPress.org, dan lain-lain.

Platfrom Blogger semakin ditinggalkan

Blogger semakin ditinggalkan

Membicarakan platfrom Blogger pasti sudah banyak yang tahu. Platfrom Blogger dulu merupakan platfrom yang banyak penggunanya. Seiring berjalannya waktu beberapa platfrom mulai bermunculan.

Sebut saja kompetitor utama Blogger yang bernama WordPress. Saat ini WordPress menjadi platfrom nomor 1 untuk urusan bloging. Di urutan kedua ada Joomla, terus Blogger diposisi berapa?

Blogger saat ini ada di posisi 12. Ya! kamu tidak salah. Terdengar lucu, tapi itu memang fakta. Mungkin beberapa tahun nanti penggunanya juga akan bertambah. Atau mungkin bisa saja berkurang.

Upaya Google sebagai induk semang platfrom Blogger saat ini sudah terlihat.  Ada beberapa perubahan yang menurut admin sendiri nyerempet seperti WordPress. Tapi tanggapan bagi penggunannya banyak yang kecewa, mereka lebih memilih versi sebelumnya.

8 Alasan Blogger semakin ditinggalkan

Blogger penggunanya semakin sedikit. Dibuktikan dengan peringkatnya yang semakin menurun. Dulu berada diurutan 3 besar, sekarang sudah keluar dari 5 besar.

Menurunnya pengguna platfrom itu pasti ada faktornya. Faktor eksternal dari penurunan pengguna blogger adalah kompetitor yang memiliki fasilitas lebih baik. Faktor internalnya adalah blogger tidak mengupdate fitur-fiturnya.

Bagaimana penjelasan detailnya ? Ini dia :

1.   Fiturnya terlalu monoton = alasan utama blogger semakin ditinggalkan

Fitur blogger bisa dibilang hanya “seperti itu-itu” saja. Dari dulu tidak ada perubahan yang signifikan. Memang dengan tampilan yang tidak banyak berubah akan membantu pengguna lama yang balik pakai Blogger.

Biasanya orang-orang yang balik ke Blogger tidak jauh dari tidak kuat bayar hosting WordPress.org. Hosting memang mahal.

2.  Rentan dengan spam

Salah satu problem atau masalah menggunakan Blogger adalah masalah spam. Biasanya spam itu berupa komentar yang tidak berkaitan. Spam ini cukup merepotkan.

Meskipun sepele, tapi berimbas pada rangking web dimata Google.  Biasanya yang melakukan spaming blog-blog kompetitor. Spaming yang sering dijumpai  biasanya tentang j4di, t0g3l, dan hal yang tidak penting lainnya.

Beda bila dibanding menggunakan  WordPress.com. Ngeblog dengan wordpress akan dimudahkan menghindari spam. Karena bisa menginstal plugin anti spam.

3. Tidak ada plugin

Plugin pasti sedikit asing bagi pengguna Blogger. Kekurangan Blogger adalah tidak tersedianya plugin.  Apa itu Plugin WordPress?  berikut adalah pengertian dari plugin :

Plugin adalah ekstensi yang ditambahkan kedalam situs dan memiliki fungsi sebagai modifikasi  dan mengembangkan fungsionalitas utama dalam WordPress

Blogger tidak memiliki fitur plugin. Dengan plugin seorang bloger akan terbantu kinerjanya untuk memanage blog. Misalkan untuk menghindari pembobolan data web, bloger dengan platfrom wordpress bisa menggunakan plugin Wordfence.

Apa daya bila menggunakan Blogger. Kalau kebobolan, siap siap artikel hilang semua. Aset yang dibangun sejak lama malah lenyap, hilang entah kemana. Sayang kan kalau itu terjadi

4. Tampilan yang terlalu sederhana 

Bloger pemula akan senang dengan tampilan Blogger. Kenapa? karena sederhana. Tidak perlu install ini itu. Tapi pilihan template bawaan blogger tidak begitu banyak. Lain halnya dengan WordPress, ada banyak pilihan tema.

Untuk kostumisasi tema, pengguna platfrom Blogger dituntut bisa bahasa seperti CSS, HTML. Kalau tidak bisa, bakal repot kalau maunya banyak.  Untuk mengatasi keterbatasan tampilan yang sederhana. Bisa kok, ada caranya tersendiri.

Yaitu dengan membeli template premium. Ada beberapa template premium yang cukup populer dikalangan blogger indonesia. Misalnya  template viomagz karya Mas Sugeng. Atar template ignielplex, karya Mbak Igniel. Dan masih banyak lagi.

5.  Dianggap platfrom kurang profesional

Platfrom Blogger itu tidak direkomendasikan bagi web perusahaan. Kenapa? karena fiturnya memiliki banyak kekurangan dan celah. Itulah mengapa blogger semakin ditinggalkan.

Web perusahaan pasti dibangun agar terlihat lebih profesional.  Sayang dong kalau perusahaan isinya konten terus ada spaming jualan obat. Sebagian besar web perusahaan menggunakan platfrom WordPress.

Alasan kenapa web perusahaan menggunakan WordPress adalah fitur dan kostumisasi tampilan yang mudah. Blogger terkesan kaku dan monoton. Itulah alasan mengapa blogger semakin ditinggalkan.

6. Dikontrol oleh Google

Blogger merupakan platfrom ngeblog yang dibuat oleh Google. Platfrom ini 100% gratis. Kalau mau nambah domain TLD, tinggal beli saja di penyedia layananan domain.

Perlu diingat Blogger bukanlah CMS. Apa itu CMS? ini penjelasannya :

CMS adalah sebuah sistem yang mengatur konten pada situs web, baik itu blog pribadi, web perusahaan, marketplace, dan lain-lain

Contoh CMS adalah WordPress, Drupal, Joomla, Chamilo, dan lain-lain. CMS membutuhkan hosting sendiri untuk menyimpan semua data-data web. Biaya  menyewa hosting sendiri cukup variatif. Tergantung durasi waktu dan juga layanannya.

Lalu bagaimana dengan Blogger? Blogger bukan CMS. Data-data blog yang dibuat dengan Blogger tidak perlunamanya hosting. Jadi lebih murah, karena tidak perlu bayar biaya hosting.  Data-data blog disimpan oleh Google langsung

Tapi Blogger itu 100% dikontrol oleh Google. Artinya meskipun sudah ngeblog lama, blog yang dibuat dengan Blogger tidak 100% milik yang ngeblog. Suatu waktu bisa saja blog yang sudah dibuat tiba-tiba dihapus.

7. Penyimpanan media yang kecil

Ini juga menjadi alasan kenapa blogger semakin ditinggalkan.  Beda dengan CMS, kapasitas ngeblog tergantung layanan hosting yang dipilih. Semakin mahal biasanya bebas menyimpan media.

Media yang dimaksud adalah gambar atau video. Layanan Blogger memiliki batas maksimal penyimpanan. Yaitu hanya 15 GB saja. Jadi harus pandai dan hemat-hemat menggunakan media dengan kapasitas yang kecil.

Kalau ribet nyari gambar yang ukurannya kecil. Mending instal aplikasi yang digunakan untuk mengkompres ukuran gambar. Dengan dikompres ukurannya jadi lebih kecil. Jadi muat media lebih banyak

8. Performa Blogger kalah dengan platfrom lain di search engine

Ini fakta bukan HOAX. Sebenarnya lucu juga kalau dipikir-pikir. Google membuat platfrom ngeblog bernama Blogger. Tapi untuk masalah index-mengindex artikel, platfrom Blogger kalah dibanding dengan platfrom yang lain. Padahal mesin pencari yang banyak penggunanya ya Google

Bukan hanya dari segi index-mengindex saja. Urusan SEO juga masih kalah. Intinya platfrom Blogger ini banyak kurangnya. Tapi kelebihannya adalah biayanya lebih murah.

Platfrom ngeblog itu banyak jumlahnya. Ada Blogger, WordPress, Drupal, Medium, dan lain-lain. Kalau mau berkarya dalam bentuk tulisan ada banyak platfrom kok. Mau gratis tanpa modal juga bisa.

Sebenarnya pakai blogger juga tidak masalah. Asalkan tahu cara menggunakannya dan bisa mengakali kekurangan-kekurangan seperti diatas. Itu dia alasan blogger semakin ditinggalkan.

Sekian dan Terimakasih, Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *