Wordpress.org
Wordpress

7 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Meskipun memiliki nama WordPress pada kedua layanan diatas, namun bukan berarti 100% sama persis. Keduanya merupakan layanan bloging  yang berbeda. WordPress.org merupakan layanan CMS atau Content Management Sistem yang sangat popular. Sedangkan WordPress.com merupakan layanan ngeblog yang dikontrol oleh wordpress langsung.

Keduanya bisa digunakan untuk ngeblog. Namun bila dibandingkan dengan biaya, kemudahan penggunaan, monetasi, plugin/tema, semuanya jelas sekali berbeda. Menurut saya sendiri apabila kita benar-benar niat ngeblog, mending gunakan WordPress.org. Saya sudah menulis artikel tentang “alasan kenapa harus memilih wordpress.org”.

Nah sebelum memilih lebih baik ketahui dulu perbedaan antara keduanya. Apa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org? Ini dia :

1. WordPress.com vs WordPress.org, dari segi biaya

Biaya

Menyoal biaya biasanya berkaitan dengan modal yang dikeluarkan untuk memulai sesuatu. Salah satunya mengeluarkan biaya untuk memulai sebuah blog. Dari kedua layanan (wordpress.org dan wordpress.com) manakah yang paling mengeluarkan sedikit biaya? Jawabannya adalah WordPress.com

WordPress.com merupakan layanan ngeblog yang gratis dan bisa menjadi berbayar bila mau ditingkatkan. WordPress.com ini mirip dengan layanan blogger.com, sama-sama gratis. Namun memiliki beberapa kekurangan. Dan biaya yang dikeluarkan paling hanya untuk membeli domain.

WordPress.org merupakan layanan ngeblog yang tidak gratis dan menghabiskan banyak duit bila dibandingkan dengan WordPress.com. Biaya yang dikeluarkan adalah untuk membeli hosting dan juga domain. Biasanya untuk membeli layanan ini bisa keluar lebih dari 500 ribu pertahunnya.

2. WordPress.com vs WordPress.org, dari segi kemudahan pengguna

Kemudahan Pengguna

Kemudahan dalam menggunakan suatu produk wordpress merupakan hal yang cukup penting. Secara simple bisa digambarkan, bagi orang yang tidak mau ribet bisa direkomendasikan menggunakan wordpress.com. Begitu juga dengan sebaliknya.

WordPress.com terbilang cukup mudah untuk digunakan. Hampir mirip dengan blogger, saat membuat blog tinggal mendaftar saja maka sudah bisa menerbitkan artikel. Nah ini menjadi kelebihan sendiri, tidak perlu setting tema ataupun yang lain, karena tinggal mengklik saja.

WordPress.org lebih ribet daripada WordPress.com, namun saat ini saya lebih memilih WordPress.org. Hal ini dikarenakan kelebihan yang dijanjikan WordPress.org. Keribetan WordPress.org adalah harus membeli layanan horting terlebih dahulu. Setelah itu ada proses Panjang yang harus dilakukan.

Proses panjang yang dimaksud adalah membeli dan memasang domain, membeli hosting, memilih tema dan memasang tema, menginstal plugin dan melakukan pengaturan plugin, dan masih banyak lagi. Tidak lupa juga setting untuk keamanan dan backup juga wajib. Hingga akhirnya sudah bisa digunakan.

3. WordPress.com vs WordPress.org, dari segi domain

Domain

Domain merupakan nama atau alamat website. Namun domain sendiri terbagi menjadi dua yaitu domain berbayar dan juga domain gratisan.  Domain gratisan sendiri merupakan domain bawaan dari platfrom ngeblog tersebut, misalnya domain berakhiran .wix.com ; .blogspot.com.

WordPress.com. Apabila menggunakan WordPress.com maka ada dua kemungkinan yaitu menggunakan domain gratisan dan domain berbayar. Bila memilih domain gratisan maka menjadi suatublog.wordpress.com. Tetapi bila membeli domain maka bisa menghilangkan  .wordpress.com  menjadi domain yang dipilih

WordPress.org tidak menyediakan domain gratisan seperti WordPress.com. Jadi hasilnya ya harus membeli domain. Tenang harga domain .com cukup murah kok paling tidak sampai 200 ribu. Bila ingin varian domain lain, banyak domain popular yang bisa dibeli di marketplace domain. Seperti niagahoster, dewaweb, hostinger, dan masih banyak lagi.

4. WordPress.com vs WordPress.org, dari segi hosting

Hosting merupakan tempat untuk menyimpan data-data dari blog. Ada platfrom yang menyediakan hosting gratis tanpa Batasan yaitu Blogger. Sementara untuk platfrom WordPress.com, hosting gratis memang disediakan namun memiliki kekurangan sendiri. Yaitu hanya disediakan space 3GB, selebihnya bayar.

Lain kalau menggunakan WordPress.org,  ada banyak paket yang bisa dipilih. Tentunya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ada paket 5 GB, 10GB, atau bahkan unlimited disk space. Kadang harganya bisa lebih murah kalau ada promo atau kode referral yang bisa diinput.

5. WordPress.com vs WordPress.org, dari segi Tema

Keterbatasan platfrom ngeblog gratis adalah tema dan fitur yang terbatas. Platfrom Blogger.com juga seperti itu, tema yang disediakan cukup terbatas. Namun bisa menggunakan tema yang lain dari theme store dengan harga yang lumayan mahal.

Tema gratis memang membuat dompet aman, tetapi ada batasan seperti ada watermarknya. Ada juga  yang disengaja untuk membatasi fitur pengeditan tema. Platfrom WordPress.com juga seperti itu. Tema yang disediakan terbatas dan harus mau dipaksa menggunakan tema itu-itu aja.

Lain ceritanya kalau menggunakan WordPress.org. Apabila menggunakan WordPress.org ada banyak tema gratis yang disediakan. Hal ini dikarenakan developer WordPress.org memiliki banyak developer. Sehingga developer bebas mengembangkan tema sesuai keinginan mereka. Bisa juga menggunakan tema premium yang dibeli.

6. WordPress.com vs WordPress.org, dari segi Plugin

manfaat blogger

Semenjak saya pindah dari platfrom gratisan (blogger.com) ke platfrom berbayas (WordPress.org) merasa bahwa fitur plugin benar-benar membantu. Kenapa membantu? Hal ini dikarenakan  plugin membawa fungsi tersendiri dengan fungsinya masing-masing.

Misalkan plugin Wordference, yang digunakan untuk mempertahankan keamanan blog agar tidak diserang oleh pihak tidak bertanggung jawab. Ada juga plugin Anti-Spam yang digunakan untuk menghindari dan menghapus komentar spam otomatis. Buat yang sudah lama ngeblog dengan platfrom gratisan. Pasti perah kalau salah satu artikelnya ada komentar spam seperti jualan obat kuat dan masih banyak lagi

WordPress.com sendiri memiliki keterbatasan plugin. Artinya plugin yang disediakan terbatas. Dengan keterbatasan tersebut blog yang dibuat tidak maksimal atau tidak sesuai kehendak pembuat blognya sendiri.

WordPress.org memang lebih mahal ketimbangg WordPress com. Tetapi disinilah letak kelebihannya kalau WordPress.org bebas menggunakan plugin gratis. Dengan jumlah yang sangat banyak. Ada juga plugin berbayar atau plugin premium yang bisa dibeli di marketplace plugin.

7. WordPress.com vs WordPress.org, dari sisi iklan dan monetasi

Google Adsense

Menjadi seorang blogger, ada waktunya untuk memanfaatkan kerja keras dengan memonetasi blog yang sudah dibangun. Ada banyak monetasi yang bisa dilakukan, mulai dari content placement, adsense, hingga afliate marketing.  Yang paling favorit bagi seorang blogger adalah Adsense, atau iklan.

Adsense banyak sekali jenisnya, mulai dari Google Adsense, MIG, Propeler, dan lain-lain.  Platfrom Blogger bisa dipasang adsense jenis apa saja. Namun untuk platfrom WordPress.com tidak bisa dipasang sembarangan. Hanya satu jenis Adsense saja yang bisa dipasang. Yaitu WordAds, salah satu iklan yang disediakan oleh  pihak WordPress sendiri. Dan hanya WordAds saja yang bisa digunakan untuk pengguna WordPress.com

WordPress.org memiliki fitur yang banyak kelebihan. Meski mahal tetapi salah satu yang disukai adalah bebas memasang iklan. Tentu saja ini menjadi hal yang cukup

One Reply to 7 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *