Menentukan Niche Blog
SEO

4 Cara menentukan Niche blog yang efektif dan tepat

Blog merupakan salah satu platfrom yang menjadi wadah untuk menuangkan kreatifitas berupa artikel.  Tentunya kita sebagai pemilik blog bebas menentukan niche  blog tersebut. Yang penting jangan mengandung konten terlarang seperti j*d*, s-x, dan hal-hal yang dilarang google lainnya.

Diluar sana ada banyak sekali blog yang membahas suatu topik tertentu. Misalnya pendidikanpedia.com membahas tentang materi Pendidikan. Atau nakedtraveler.com membahas tentang traveling, dan banyak situs lainnya.

Akan tetapi ada juga isi blog yang benar-benar campuran seperti mastimon.com, maxmanroe.com, dan masih banyak lagi. Blog campuran memiliki artikel variatif karena membahas banyak hal dan tidak focus pada satu hal saja.

Namun menurut kalian bagusan mana? Membahas satu topik saja atau campuran?

Jawabannya adalah satu topik saja. Alasannya kenapa? Nanti akan dijelaskan dibawah. Sebelum lebih mengena ke inti tentang menentukan niche blog. Dibawah ini adalah pengertian dari Niche Blog :

Pengertian Niche Blog

Bagi beberapa orang pasti baru tahu istilah niche blog. Pengertian singkatnya adalah topik blog. Secara jelasnya, Niche Blog adalah  topik blog yang menjadi fondasi blog tersebut. Memang betul tidak ada aturan baku untuk membuat blog hanya satu niche. Namun saat ini banyak yang menyarankan hanya 1 blog satu niche saja.

Kelebihan Blog satu niche (satu topik) saja :

menentukan satu niche blog

1. Memiliki target pengunjung yang jelas

Blog dengan membahas satu niche saja pasti memiliki pengunjung yang jelas. Misalkan web Jalantikus.com, web yang membahas informasi teknologi. Sudah pasti pengunjungnya mencari informasi tentang teknologi.

Contoh lain yang bisa terjadi adalah blog tutorial. Misal situs cookpad, yang berisi  resep masakan. Sudah pasti yang datang ke situs tersebut pasti sedang mencari informasi tentang masakan . Penentuan niche blog akan mempengaruhi branding blog yang dibuat nantinya.

2. Memiliki nilai jual yang tinggi

Blog yang membahas satu bahasan saja pasti lebih mahal nilainya bila dibandingkan dengan niche campuran. Hal ini blog satu niche cukup kuat dalam hal branding. Misalkan blog kicau burung. Blog yang  membahas tentang dunia burung  pasti mahal.

Mahal dari mana? Karena dikenal dengan pembahasan burung. Maka pembahasan blog pasti berkaitan dengan pakan burung, kendang burung, dan lain-lain. Tak heran pasti ada produk yang berkaitan dengan burung yang dijual disana. Misalnya pakan burung, atau vitamin khusus untuk burung.

3. Terbentuknya suatu komunitas.

Blog dengan niche spesifik pasti berasal dari hobi.  Cara menentukan niche blog pasti berasal dari kegemaran. Mana mungkin orang yang hobi traveling membahas tentang burung. Atau orang hobi olahraga bakal membahas tentang akuntansi. Hampir semua blog dibuat dengan hobi penulisnya.

Kemungkinan besar pengunjung blog bisa memiliki hobi yang sama. Misalkan saya memiliki hobi ngeblog. Pasti sering bertemu dengan blogger saat berkunjung disitus yang membahas tentang blog. Dari situ bisa dibentuk suatu komunitas para blogger.

4. Kemampuan branding yang lebih unggul

Branding Blog

Blog dengan satu niche memiliki kemampuan branding yang lebih unggul. Bandingkan dengan blog campuran yang membahas campuran pasti susah untuk melekat di otak pengunjung. Hal ini dikarenakan blog campuran yang postinganya berada di halaman pertama pasti beda-beda jenis bahasan.

Beda cerita dengan blog satu niche. Misal saya cari pembahasan tentang SEO, pasti di halaman pertama ada situs bernama PanduanIM, Sugeng.id, dan yang lain. Di otak saya kalau bicara SEO pasti tau kedua situs tersebut. Nah ini yang namanya branding, karena ketika membahas sesuatu  tentang SEO, pasti yang keluar kedua situs tersebut.

5. Lebih dicintai Google

Google akan lebih mudah mengenal blog dengan satu bahasan saja.  Dalam algoritma mereka Google pasti akan lebih mudah mengenal situs tertentu karena niche yang ada. Misalkan saat mencari materi pelajaran SMP atau SMA pasti situs-situs yang muncul hanya situs pendidikan saja.

Jarang sekali muncul situs gado-gado atau niche yang campuran yang muncul karena pembahasan yang spesifik. Contoh lain saat mencari spesifikasi laptop, past munculny situs itu-itu aja. Dan jarang sekali berubah.

Kekurangan blog dengan satu niche saja

Meskipun memiliki kelebihan seperti yang ditulis diatas. Tetap saja ada sisi kekuarannya. Diantaranya :

1. Bisa kehabisan Ide

mencari ide

Ini bisa terjadi karena banyak faktor.  Kehabisan ide bisa terjadi karena sedang menulis saja, atau pengetahuan begitu terbatas. Apalagi blog dengan satu niche, yang membahas satu topik saja. Apabila kurang mengeksplorasi dan mendalami niche tersebut bisa berabeh.

2. Saingan semakin kuat

Karena blog yang membahas satu niche itu jumlahnya banyak. Dan biasanya saling menunjukan kekuatannya masing-masing. Dan tentunya kekuatan itu dipengaruhi karena konten yang dibuat.

Cara menentukan niche blog

Menentukan niche blog itu bukanlah hal yang mudah. Sebagai seorang blogger pemula pasti pernah galau. Kira-kira akan membahas apa ya blog yang dibuat. Mau bahas hobi tapi, hobi juga setengah-setengah. Mau bahas yang gak ngerti takut salah.

Ini dia solusi tepat menentukan niche blog :

1. Sesuaikan dengan Hobi

Hobi adalah suatu kegemaran yang sering dilakukan. Bisa dikatakan hobi karena apabila tidak dilakukan bisa ada sesuatu yang kurang. Tentunya hampir semua orang punya hobi. Ada yang hobi jalan-jalan, hobi badminton, hobi masak, dan lain-lain.  Gunakan hobi itu sebagai suatu senjata blog. Ya yang dimaksud adalah niche blog. Bila itu hobimu tidak  masalah, pasti tidak akan menjadi beban saat ngeblog

2. Lihat apa yang sedang trend

Apa yang sedang trend bukanlah suatu hal yang harus dihindari. Justru bisa menjadi ide untuk niche blog. Misal akhir-akhir ini yang sedang terkenal adalah smartphone xiaomi. Coba saja buat blog yang membahas tentang smartphone.

3. Apa yang dibutuhkan oleh orang kalangan tertentu

Coba lihat orang-orang golongan tertentu. Misalnya khusus pelajar SMA kemungkinan akan butuh materi SBMPTN. Buatlah blog khusus membahas tentang seleksi perguruan tinggi. Atau menyasar kekalangan desain grafis. Di Indonesia sendiri banyak sekali desain grafis namun jarang membuat tutorial dalam bentuk tulisan.

4. Konsultasi dengan Blogger profesional atau berpengalaman

Ini cara yang susah tetapi patut dicoba. Menentukan niche blog dengan tanya ke blogger professional. Cara mencari blogger professional yaitu cari situs dengan rangking yang bagus. Lalu kontaklah melalui situs tersebut. Tanyakan bagaimana memilih niche bagi blogger pemula.

Yap itu dia 4 cara menentukan niche blog. Siapa tahu membantu, dan jangan lupa untuk dicoba. Ingat ya blog satu niche itu lebih menguntungkan menurut beberapa pakar. Apalagi secara SEO, blog satu niche lebih disukai Google. Bagaimanapun ini hanya masukan kok, bagi yang mau membuat niche campuran ya silahkan. Sekian dan terimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *