SEO
SEO

Ini dia 2 Jenis SEO yang wajib dikuasai

Dalam perkembangan dunia digital, profesi semakin bertambah. Keahlian bekerja yang melibatkan dunia virtual benar-benar sangat dibutuhkan dari waktu ke waktu. Profesi yang dimaksud adalah Blogger, Selebgram, Youtuber, Design Web, SEO specialist, dan lain-lain. Sebelumnya saya sudah membuat artikel Apa itu SEO dan seberapa penting bagi website. Nah kali ini saya akan membahas tentang 2 Jenis SEO yang wajib dikuasai.

Sebelum membahas tentang jenis SEO, mari Kembali ke masa lalu dahulu. Kita mulai dengan pengertian SEO.

Pengertian SEO (Search Engine Optimation)

SEO

SEO memiliki kepanjangan Search Engine Optimation . SEO secara lengkap memiliki pengertian seperti dibawah ini :

SEO merupakan  upaya upaya atau rangkaian aktivitas dengan tujuan untuk menaikan rangking suatu situs dan meningkatkan pengaruh visibilitas pada mesin pencari.

Intinya dikalangan blogger, SEO merupakn upaya meningkatkan trafik dengan cara memperbaiki atau meningkatkan posisi situs dimata Google.

Lalu manfaat apa yang didapat dari SEO, ini dia jawaban singkatnya :

Manfaat SEO pada website

SEO tidak bisa dilakukan sekali saja maka performa website langsung membaik. Faktanya butuh waktu lama. Dengan waktu yang lama, ada banyak manfaat dari SEO. Ini dia manfaat SEO :

  • Meningkatkan popularitas dan brandwareness. Membuat situs yang dibuat dikenal serta diingat oleh banyak orang
  • Membuat durasi kunjungan bertambah. Sebagai pemilik situs, pasti senang ketika pengunjung berlama-lama untuk mencari informasi
  • Mendapatkan konversi dengan peningkatan yang lebih baik. Apabila situs yang dibuat adalah situs jualan, maka dengan SEO bisa meningkatkan konversi lebih baik.
  • Mendapat reputasi baik dimata Google. Dengan adanya SEO maka Google meningkatkan rangking secara perlahan.
  • Pada dasarnya tujuan utama dari SEO adalah untuk mendapatkan trafik yang banyak dan memiliki kualitas yang bagus. Trafik organik yang berasal dari search engine atau mesin pencari akan meningkat bila SEO semakin bagus.

Yap itu dia manfaat SEO pada website secara singkat. Dengan segudang manfaat, tak heran banyak yang menggunakan cara mudah. Yaitu membeli jasa SEO, entah dari segi tema, backlink, bahkan hingga beli keyword atau artikel langsung. Ada dua jenis SEO, yaitu :

  • SEO On page
  • SEO Off Page

Pembahasan Ringkas mengenai SEO On Page dan SEO Off Page ada dibawah ini. Kelak ada artikel terbaru tentang keduanya yang lebih lengkap lagi. Berikut pembahasannya !

SEO On page pada Website

SEO On Page

Definisi dari SEO Onpage adalah  suatu usaha optimasi situs secara onpage atau website (secara langsung) pada artikel yang akan diterbitkan.  SEO onpage memiliki tujuan khusus yaitu memberikan manfaat kepada pengunjung, pengunjung berlama-lama dalam eksplorasi blog, serta kualitas website yang semakin bagus.

SEO Onpage terdiri dari beberapa poin utama yang harus diperhatikan. Bukan hanya diperhatikan saja tetapi harus dievaluasi dan ditingkatkan. Diantaranya :

A. URL atau Permalink

URL atau  Uniform Resource Locator adalah sebuah alamat laman website. Coba buka Web Browser lalu ketik kata kunci yang akan dicari. Misal saya cari Republik Rakyat Tiongkok. Dan saya pilih web nomor 1 di halaman 1.

Ternyata laman yang keluar adalah www.Wikipedia.com/Republik-Rakyat-Tiongkok/

Nah itulah yang disebut permalink. Semakin sederhana suatu permalink maka semakin bagus dan berhasil memenuhi indicator SEO Onpage. Yang terpenting ada keyword yang tersematkan disitu.

B. Kata Kunci atau Keyword

Keyword atau Kata Kunci menjadi part terpenting. Tanpa kata kunci, optimasi SEO tidak akan optimal. Apalagi kata kunci ini diletakan di berbagai sisi. Mulai dari sisi URL, sisi Konten, sisi Judul, hingga sisi Alt Text pada gambar yang diposting.

C. Konten

Konten atau artikel yang dibuat menjadi fundamental utama. Karena semakin bagus suatu konten maka situs tersebut akan disukai oleh Google. Konten berkualitas akan memancing pengunjung untuk menikmati konten tersebut. Untuk membuat konten berkualitas perlu waktu yang lama dan membutuhkan riset keyword.

Selain keyword, jangan lupa sisipkan media seperti gambar atau video. Tidak lupa juga format header hingga struktur konten. Harus ditata dengan benar.

D. Meta Description

Sedikit asing ya, soalnya ketiiga poin diatas memang jelas ada di KBBI. Meta description sendiri merupakan teks yang tampil dibawah URL saat membuka hasil kata kunci di halaman mesin pencari.  Tentu saja meta description harus memiliki keyword.

E. Link (Internal / External)

Dalam sebuah konten yang dibuat, hendaknya diberikan dua jenis Link. Yang pertama adalah internal link. Internal link merupakan link yang mengarah pada artikel di website yang sama. Yang kedua adalah Eksternal Link. Eksternal Link merupakan link yang mengarah pada situs lain. Perlu diingat eksternal link jangan asal menaut situs sembarangan.

F. Website Speed

Kecepatan website merupakan hal yang penting. Ada kalanya pengunjung jengkel karena kecepatan website sangat lambat. Faktor-faktor kecepatan website sendiri ada banyak. Mulai dari kecepatan hosting, jumlah file, dan lain-lain. Untuk mengetahui kecepatan website bisa diketahui dengan cara audit website.

Setelah membahas SEO On Page, selanjutnya adalah bahasan tentang SEO Of fPage. Bahasan artikel SEO On Page nanti akan diperbarui lebih rinci lagi.

SEO Off Page

SEO Off Page merupakan kebalikan dari SEO Onpage. Kalu pengertian dari SEO On Page adalah optimasi pada website sendiri. Maka pengertian dari SEO Off Page adalah optimasi yang dilakukan diluar website. Ibaratnya sebuah website harus memperbagus kualitas reputasi diluar.

SEO Off Page terbagi menjadi beberapa poin yang wajib diperhatikan. Bukan hanya diperhatikan saja tetapi perlu diterapkan. Berikut adalah poin-poin SEO Off Page :

A. Sosial Media Share

Sosial Media Share memang mudah dimanipulasi. Maksudnya bisa dipalsukan dengan banyaknya akun-akun palsu yang mengshare suatu konten. Meskipun begitu Share Sosial Media tetap berpengaruh terhadap jumlah trafik website

B. DA/PA

DA  atau Domain Authority merupakan kualitas link dari keseluruhan domain suatu situs. Angka indikatornya dari 1-100. Semakin tinggi maka semakin berkualitas. Beda dengan PA, PA  memiliki arti Page Authority. Yaitu kualitas link yang berasal dari halaman tertentu pada suatu web. Angka indikatornya sama dengan DA.  Untuk mengetahuinya gampang kok, tinggal masukan url ke situs cek DA/PA.

C. Backlink

Backlink adalah tautan yang berasal dari situs lain.   Backlink sendiri ada dua jenis yaitu Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow. Backlink berkualitas yaitu bila berasal dari situs dengan DA/PA yang bagus.

Kedua jenis SEO tersebut bila diterapkan dengan baik maka website juga semakin bagus dimata google. Dan pengunjung juga akan bertambah seiring waktu. Maka dari itu buat para blogger, semangat dalam membuat konten dan tingkatkan ilmu SEO. Saya sendiri masih perlu banyak belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *