Laptop
Gadget

12 Tips mudah merawat laptop agar awet

Laptop merupakan barang yang cukup penting saat ini. Tanpa laptop seorang penulis tidak bisa menulis, seorang desain grafis tidak bisa menggambar, seorang programmer tidak bisa merapikan script code, dan masih banyak lagi. Saat membeli laptop pasti bergarap kedepannya awet untuk digunakan.

Tentu saja untuk memperpanjang umur hidup laptop kita harus bisa merawat laptop dengan baik. Jangan sampai rusak dan harus service atau bahak beli baru lagi karena tidak bisa merawat laptop. Bagi yang memiliki laptop baru saya sarankan untuk membaca 15 tips mudah merawat laptop.

1. Charger penuh dan jangan sampai 0%

Laptop Chargered

Laptop itu wajib ada baterai, kalua tidak mana mungkin  nyala. Walaupun ada baterai agar laptop bisa bekerja dengan baik, jangan menggunakannya secara asal-asalan. Kenapa? Karena masalah sepele dengan membiarkan laptop hingga 0% bisa membuat baterai laptop bocor.

Maksud dari bocornya baterai adalah mengurangi daya tahan baterai. Misal saat laptop pertama kali dibeli, saat baterai 100% bisa bertahan sampai 5 jam. Namun karena kebiasaan membiarkan baterai habis sampai 0%, dengan baterai 100% hanya bisa bertahan 4 jam saja.  Meskipun sepele, tetapi dampaknya besar. Apalagi harus ganti baterai, minimal habis 400.000 rupiah.

2. Jangan biarkan laptop mati dalam waktu lama

Laptop itu dibeli ya harus digunakan. Minimal dalam satu minggu gunakan sekali saja juga tidak masalah. Kadang kalua laptop mati terlalu lama hingga berbulan-bulan bisa menyebabkan performa berkurang. Pengalaman saya membiarkan laptop sampai 3 bulan penuh berakhir dengan masuk ke service center karena keyboard eror berdebu.  Kalau mau tidak dipakai dalam waktu lama usahakan diletakan ditempat tertutup.

3. Jauhkan dari sinar matahari

laptop and sun

Hampir semua barang elektornik itu memiliki tanda untuk dijauhkan dari sinar matahari, kecuali panel surya, antenna, parabola. Hal ini dikarenakan sinar matahari memiliki dampak yang cukup panas. Batu saja bisa menjadi pasir karena panasnya matahari.

Apalagi laptop, didalam laptop sendiri sudah menghasilkan panas. Dan apabila ditambah dengan paparan sinar matahari bisa dobel panasnya. Biasanya laptop dengan suhu yang panas akan berakhir dengan pesan eror supaya laptop tidak digunakan terlebih dahulu.

4. Hindari minuman dan benda cair lainnya

laptop

Saya yakin kalau  saat membuka laptop pasti butuh minuman untuk menemani saat haus, daripada pergi ke dapur.  Perlu diingat bagaimana kamu meletakan minuman, biasanya ditaruh disamping laptop. Nah apa yang terjadi bila menyiram keyboard? Tentu bisa menyebabkan eror pada jaringan kabel dan circuit didalamnya. Usahakan minuman yang diminum memiliki tutup yang rapat, jangan pakai gelas lebih baik pakai Tupperware.

 5. Jangan memaksa laptop untuk kerja berat

Laptop Editing

Laptop memiliki kapasitas masing-masing sesuai dengan harganya. Semakin mahal laptop maka kemampuan laptop dalam menjalankan program multitasking bisa lebih baik. Maka dari itu perhatikan laptop sobat. Bagian yang harus diperhatikan adalah prosessornya.

Semakin standar prosessor maka jangan paksakan dengan menginstal aplikasi-aplikasi yang berat. Misalkan laptop kelas bawah dengan prosessor Intel Pentium dipaksa melakukan rendering animasi dengan aplikasi Blender. Otomatis laptop butuh waktu lama dan akan membuat laptop lebih panas.

6. Gunakan cooling pad untuk pendingin tambahan

Laptop dengan kinerja berat semakin lama, semakin panas.  Dengan panasnya laptop maka kinerja laptop sendiri akan kurang optimal. Maka dari itu gunakan Cooling pad, Cooling Pad bisa dibeli dibanyak toko online.

Bagi yang belum tahu apa itu Cooling Pad, Cooling pad merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mendinginkan laptop. Cooling Pad berupa kipas yang disambungkan dengan port USB dan diletakan dibawah laptop. Harganya bisa berkisar 40.000 keatas.

7. Biasakan bersihkan debu seluruh body laptop

Keyboard

Debu merupakan hal yang sepele. Dimanapun benda kalau dibiyarkan dalam waktu yang lama pasti berdebu. Termasuk laptop yang dibiyarkan dalam waktu yang lama juga pasti berdebu. Debu bisa membuat area layar menjadi tidak enak dilihat.

Selain debu pada layar, debu pada keyboard bisa lebih mengganggu lagi. Debu yang dibiarkan pada keyboard bisa mengganjal dan menyebabkan penggunaan keyboard menjadi tidak nyaman. Untuk area dalam juga jangan lupa dibersihkan. Jangan menggunakan tisu basah, paling aman menggunakan alat yang kering,

8. Jangan asal mengunduh aplikasi bajakan atau file sembarangan

Aplikasi bajakan mungkin gratis. Namun perlu ditanyakan juga dengan keamanannya. Apakah aplikasi bajakan tersebut membawa virus membahayakan atau tidak. Bukan hanya aplikasi saja, banyak file diluar sana yang sengaja disisipi virus. Apabila mengunduh suatu file/aplikasi dan windows defender meemberi peringatan, sebaiknya hapus file tersebut.

9. Siapkan Aplikasi Antivirus

Antivirus

Untuk menjaga-jaga ada virus malware yang jahat dan bisa melumpuhkan windows defender. Maka untuk mengatasinya perlu anti virus tambahan. Diluar sana ada banyak antivirus baik yang berbayar dan gratis. Seperti Avast, AVG, Karpersky, dan masih banyak lagi

10. Buang file-file yang tidak berguna

Kebiasaan mengunduh file bisa membuat file-file yang tidak digunakan akan menumpuk. Dan memenuhi storage yang disediakan laptop. Storage laptop yang penuh bisa membuat beban kerja laptop menjadi berat. Gunakan manajemen file yang baik dengan hardisk eksternal.

11. Dilarang meletakan benda berat diatas layar

Ini juga masalah sepele tetapi dampaknya repot kalau sudah menjadi kebiasaan.  Benda berat seperti buku tebal akan menekan layar laptop dari atas. Dan bisa menyebabkan layar tidak bisa  menyala saat laptop dinyalakan. Dan tentu biaya untuk service layar tidaklah murah

12. Update Sistem Operasi rutin

Dari waktu kewaktu virus computer semakin canggih. Bahkan bisa merusak system rumah sakit, perkantoran, hingga perbankan. Maka dari itu Sistem Operasi yang diupdate biasanya membawakan fitur baru dan juga tambahan fitur keamanan.

Yap itu dia 12 tips mudah untuk merawat laptop. Dengan merawat laptop maka usia hidup laptop akan lebih awet dan  bertahan lebih lama. Tips ini berlaku untuk semua laptop entah itu Apple, Acer, Asus, dan lain-lain.

2 Replies to 12 Tips mudah merawat laptop agar awet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *