Mencari uang dari internet
Dunia Internet

10 Cara Menghasilkan Uang Lewat internet

Hidup di abad-21 sudah sangat diberkati dengan koneksi internet. Kadang penggunaan internet hanya digunakan untuk mencari informasi atau sekedar mencari hiburan saja. Padahal kalau digunakan dengan baik internet juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang.  Baik orang yang memiliki keterampilan khusus ataupun tidak sama sekali, semuanya bisa mencari uang di Internet. Asalkan konsisten.

Penghasilan dari internet sendiri tergantung dari jenis pekerjaannya apa, platfromnya apa, dan kemampuan yang dibutuhkan itu apa. Penghasilan dari internet itu Sebagian bersifat dinamis atau berubah-ubah. Namun bisa memiliki penghasilan tetap apabila mendapat kontrak dari perusahaan .

Baiklah buat pembaca  yang penasaran ini dai cara menghasilkan uang lewat internet :

1. Jualan Online

e-comerce

Transformasi  jual beli dari mode ofline ke mode online sudah terjadi sejak lama. Maka dari itu kenapa tidak memanfaatkan peluang digitalisasi jual beli online.  Jualan online bisa dilakukan dengan cara membuat toko online sendiri. Entah dengan platfrom wordpress (membuka marketplace sendiri) atau dengan membuat toko di marketplace yang ada seperti Tokopedia, dan yang lain.

Jualan online juga tidak harus membuat toko sendiri di marketplace atau buat website toko online. Jualan online bisa dilakukan dengan cara menggunakan sosial media. Banyak sekarang toko online atau olshop yang dibuat di Instagram. Kelebihan dari olshop lewat sosial media adalah bisa menjangkau target pembeli langsung dan bisa endorse.

Ada 3 cara jualan online yaitu membuat produk sendiri, reseller, dan juga dropship. Membuat produk sendiri artinya semua produk dihasilkan dari awal-akhir oleh diri sendiri. Untuk Reseller, kita harus membeli atau menyetok barang dulu bari bisa dijual. Nah yang paling enak adalah dengan dropship, tidak perlu stok atau membuat produk. Cukup gencar promosi dengan foto dan video saja.

2. Menjual foto dan gambar vector

Diluar sana banyak sekali orang-orang yang menjual foto secara online.  Tidak perlu dengan kamera mahal yang harganya puluhan juta. Cukup dengan kamera smartphone dan cari objek foto. Intinya penuhi persayaratan dari platfrom jualan foto.

Ada banyak situs jualan foto atau gambar vector. Sebut saja pixabay, shuttersock, dan pixels. Masing-masing platfrom memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Misalkn resolusi gambar harus diatas 5MP, tidak mengandung merk, dan lain-lain. Penghasilan didapat ketika ada orang yang mengunduh gambar tersebut.

3. Investasi Cryptocurrency atau mata uang digital

Bitcoin

Crytocurrency merupakan mata uang digital yang tidak ada wujudnya didunia nyata. Sebelum melakukan investasi dengan cryptocurrency lebih baik pelajari ilmunya terlebih dahulu. Soalnya cryptocurrency lebih ekstrim naik-turunnya ketimbang saham .

Salah satu mata uang digital yang terkenal adalah Bitcoin. Dahulu bitcoin pada tahun 2010 memiliki harga  tidak sampai 1USD (sekitar 11.000 kurs Indonesia). Namun sekarang harga bitcoin sudah berubah menjadi >1000USD atau dalam rupiah lebih dari 100 juta.

Cukup menggiurkan dan perlu waktu lama tetapi butuh pengalaman dan juga belajar.

4. Menjadi penjual domain

Domain

Domain merupakan identitas sebuah situs atau web atau blog. Bagi beberapa orang penamaan domain merupakan hal yang sepele. Namun ini tidak berlaku bagi para pebisinis atau penjual layanan. Peran domain cukup besar dalam sebuah branding. Maka dari itu diluar sana banyak perusahaan yang berani menggelontorkan uang demi sebuah nama domain.

Nama domain yang diberikan sudah pasti mempertimbangkan banyak hal. Misalkan berkaitan dengan bisnis yang dibuat, mudah diingat, atau memiliki makna tertentu yang bisa mewakili perusahaan tersebut.

Contoh platfom yang digunakan untuk jual beli nama domain adalah Flippa dan Sedo.

5. Menjadi translator atau penerjemah

Translator

Meskipun saat ini sudah tersedia Google Translate, bukan berarti translator sudah punah. Faktanya hasil penerjemahan dari Google Translate atau tool yang lain tidak sempurna sepenuhnya. Maka dari itu translator masih ada hingga sekarang,

Menjadi translator sendiri perlu sertifikasi Bahasa dan juga portfolio.  Di beberapa situs freelance seperti sribulancer.com atau freelancer.com biasanyaaada banyak lowongan pekerjaan untuk menerjemahkan suatu artikel atau dokumen.

Untuk menjadi translator harus menguasai Bahasa asing, memiliki kemampuan menulis, ada portfolio, dan rajin menawarkan diri ke proyek-proyek yang ada disuatu platfrom. Pekerjaan menjadi translator professional cukup mahal loh, bisa dibayar perjam kerja atau bahkan per projek.

6. Membuat Kursus online

Kursus Online

Membuat kursus online itu bisa juga menghasilkan uang. Untuk membuat kursus harus tidak asal, perlu dilakukan oleh orang yang professional pada suatu bidang. Misal kamu adalah seorang desainer logo professional dan sudah dikenal dengan karya-karyanya. Maka dengan kemampuan desainmu itu bisa membuka kelas bagi yang masih pemula.

Keuntungan dari membuat suatu kursus sendiri cukup besar. Misalkan untuk pendaftaran kursus member diminta untuk membayar 100.000 Rupiah. Yang mendaftar ada sebanyak 1.000 orang maka dalam sekali buka kursus bisa mendapat uang 100 juta rupiah. Ini merupakan salah satu cara menghasilkan uang lewat internet yang cukup sulit

7. Mengisi Survei online

Survei Online

Salah satu cara menghasilkan duit online adalah dengan mengisi survey online. Cara ini merupakan cara yang sudah lama dan masih bisa dilakukan sekarang. Survei bisa dilakukan di platfrom tertentu. Misalnya Yougov, Touna, Rakuten, Ysense, dan banyak lagi.

Kelemahan dari isi survey online adalah kadang survey tidak  selalu tersedia disetiap waktu. Namun kelebihannya platfrom-platfrom survey benar-benar bisa dipercaya.

8. Menjadi seorang Blogger

Blogger

Blogger bukanlah cara baru untuk menghasilkan uang. Saat ini banyak blogger yang bermain di berbagai kategori blog. Mulai dari teknolog, Travelling, memasak,  kehidupan, bisnis, Pendidikan, dan masih banyak lagi. Penghasilan blogger berasal dari iklan atau adsense, guest post, hingga program afliasi.

9. Menjadi Youtuber

Youtube

Seiring berjalannya waktu Youtube juga membayar para konten kreatornya. Menjadi Youtuber memiliki prospek yang bagus, tergantung konten yang dibuat. Sudah banyak Youtuber Indonesia yang kaya gara-gara Youtube.  Sebut saja Ria Ricis, Atha Halilintar, Jerome Polin, Raditya Dika dan masih banyak lagi. Penghasilan youtube didasarkan pada jumlah viewer.

Perlu diketahui agar Youtube bisa menghasilkan harus sudah memenuhi syarat. Misalkan >1000 Subscriber dan juga memiliki 4000 jam tayangan.

10.Menjadi Selebgram atau Seleb TikTok atau Influencer lainnya.

Instagram

Influencer menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Apalagi pengguna sosial media semakin hari semakin meningkat. Penghasilan yang didapat tentu dari endorse atau sponsorship. Salah satu influencer yang sedang naik daun adalah Keanuagl dan Rachel Vennya. Penghasilan influencer sendiri beranekaragam tergantung engagement atau produk yang diendorse.

Masih banyak cara untuk mencari uang di Internet. Misalnya aktif menjadi penulis di platfrom seperti medium dan quora. Atau ahli dalam mencari bug aplikasi, hingga tester website. Atau menjadi tukang desain hingga editor video. Tergantung bagaimana menangkap peluang yang ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *